Bersantai dan Menikmati Akhir Pekan di Pantai Pandanan

Tanjung (Suara NTB) – Pantai Pandanan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Pantai ini belakangan semakin banyak dikunjungi wisatawan karena panorama keindahannya.

Wisatawan juga dapat bermain air atau memancing di pinggir pantai ini. Apalagi ketika berkunjung pada akhir pekan, wisatawan dapat menikmati suasana pantai ini lebih lama. Sebab pemandangan matahari tenggelam di pantai ini juga tidak kalah menarik dari pantai lainnya.

Iklan

Pandai Pandanan terletak di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Sekitar 15 menit dari Senggigi menggunakan sepeda motor atau mobil. Mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan pantai ini karena pantai ini masih tergolong baru. Namun karena belakangan semakin banyak yang berkunjung, akhirnya pantai ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

“Karena sudah banyak yang posting di media sosial, jadinya saya ingin berkunjung. Dan ternyata memang benar, pantainya itu bagus banget,” kata wisatawan asal Kota Mataram, Ririn Sintani kepada Suara NTB, di Tanjung, Minggu, 5 November 2017.

Ada dua rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke Pantai Pandanan dari pusat Kota Mataram. Rute yang pertama adalah Mataram – Ampenan – Senggigi – Malimbu – Nipah – Pandanan. Sedangkan rute kedua adalah Mataram – Gunung Sari – Pusuk – Perempatan Bangsal – Kecinan – Pandanan. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan dari Mataram adalah 1 jam saja.

Waktu yang akan terasa cukup singkat karena kedua rute itu tidak akan membuat wisatawan bosan di perjalanan. Tidak lain karena pemandangan sepanjang jalan yang juga tidak kalah mempesona sehingga dapat dinikmati.

Pantai Pandanan sangat spesial karena memiliki panorama yang sangat cantik, berlatar perbukitan hijau, ditambah pepohonan kelapa yang berada di sisi pantai. Belum lagi pasir pantai yang putih dan bersih. Dijamin akan memanjakan mata dan membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Pandanan.

Apalagi pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Sehingga wisatawan dapat berjalan-jalan dengan nyaman meskipun tanpa menggunakan alas kaki.

Aktivitas pengunjung yang datang ke pantai ini biasanya mandi dan berenang. Ada pula yang hanya menikmati panorama dan mengambil gambar.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati hidangan sari laut yang dijual oleh pedagang di pantai ini. Wisatawan juga dapat memilih ikan-ikan segar untuk disajikan dan terlebih dahulu diolah oleh pedagang setempat.

“Banyak yang jualan, jadi kita tidak perlu khawatir kelaparan. Sangat cocoklah jadi tempat liburan keluarga, apalagi ombaknya juga tidak keras,” ujarnya.

Biaya parkir untuk kendaran roda dua adalah Rp 3 ribu dan untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5 ribu. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai Pandanan sepuasanya.  Apalagi pantai ini juga sangat bersih, karena kebersihannya sangat dijaga oleh petugas dan masyarakat setempat.

“Bagus ya, karena masyarakat juga banyak yang jualan. Jadi mereka juga bersihkan, karena kalau kotor kan nanti tidak ada yang mau datang,” kata Ririn.

Di pantai ini juga terdapat berugak (gazebo) tempat wisatawan bisa atau berteduh. Di sepanjang pantai juga banyak pepohonan yang bagus pula dijadikan sebagai spot foto. Pantai ini memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan.

“Saya berharap di Pantai ini ada musala yang besar dan toilet yang bersih. Saya rasa kurangnya itu saja, kalau yang lainnya sudah bagus,” katanya. (lin)