Berkunjung ke Qatar, TGB Tawarkan Investasi di KEK Mandalika

Mataram (suarantb.com) – Menindaklanjuti cerita Presiden Joko Widodo perihal ketertarikan Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al-Thani pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi pagi ini, Minggu, 10 Desember 2017 berkunjung ke Qatar Timur Tengah. TGB datang langsung untuk menawarkan investasi di KEK Mandalika kepada pengusaha Qatar.

Dalam rilis yang diterima suarantb.com, TGB ditemui langsung oleh sang Emir. Dalam pertemuan tersebut, TGB secara khusus menawarkan kepada Emir Qatar untuk berinvestasi di wilayah timur KEK Mandalika, yang mencakup lahan sekitar 150 hektare.

Iklan

“Kawasan sisi timur tersebut, merupakan kawasan yang sangat indah dengan garis pantai dan kontur berbukit yang sangat menawan. Sehingga sangat prospektif bagi pengembangan investasi dan pembangunan resort wisata berkelas dunia,” ujar TGB kepada Syekh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Ditanya mengenai kelengkapan infrastruktur untuk mendukung pengembangan KEK Mandalika, TGB menjawab saat ini saat ini KEK Mandalika telah didukung dengan keberadaan Lombok International Airport (LIA), infrastruktur jalan dan masterplan kawasan yang terpadu.

Payung hukum berupa peraturan pemerintah dan perda juga sudah secara memadai untuk menjamin kepastian hukum dan kemudahan dalam proses layanan berinvestasi di kawasan wisata andalan Lombok Tengah tersebut.

“Pemerintahan Indonesia dan Pemda NTB, juga menyediakan insentif dan terus meningkatkan kelengkapan infrastruktur pendukung. Sehingga menjadikan Mandalika sangat atraktif,” imbuh TGB.

Untuk semakin meyakinkan Emir Qatar, TGB menyampaikan bahwa NTB adalah provinsi pertama di Indonesia yang mengembangkan segmen muslim friendly tourism atau wisata halal, sebagai satu bentuk diferensiasi Lombok dan Sumbawa. Selain itu, pertumbuhan pariwisata di NTB juga selalu masuk dalam posisi tiga besar di Indonesia.

Setelah mendengar penjelasan langsung dari TGB tersebut, Emir Qatar berjanji dalam waktu dekat akan segera mengirim tim investasi untuk bertemu dengan pihak Indonesia.

“Tapi memang diperlukan visi jangka panjang untuk membangun NTB. Qatar, walaupun kecil namun bisa mewarnai kawasan regional maupun diplomasi dunia, karena ditopang visi jangka panjang yang konsisten dilaksanakan,” pesan Emir Qatar di akhir pertemuan tersebut. (ros)