Berkah MTQN, Masyarakat Kecil Kecipratan Untung

Mataram (suarantb.com) – Tidak hanya para peserta dan Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang dapat merasakan keberkahan acara MTQ Nasional ke-26 di Mataram. Masyarakat kecil pun ikut kecipratan berkahnya. Mulai dari pedagang kreatif lapangan (PKL) hingga pemulung sampah merasakan keuntungan setelah beberapa hari pelaksanaan MTQ.

Suriani, seorang ibu yang menjadi pemulung sampah-sampah plastik mengakui bahwa ia mendapatkan cukup banyak pemasukan semenjak berlangsungnya acara MTQN. Dalam sehari ia dapat mengumpulkan tiga hingga lima karung botol atau gelas-gelas plastik. Dari sampah plastik yang dikumpulkannya tersebut, ia mendapatkan Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu perhari.

Iklan

“Alhamdulillah, sehari bisa dapat lebih banyak dari hari-hari biasa, karena di sini (Islamic Centre) selalu banyak pengunjung yang menonton (acara MTQN),” ungkapnya pada suarantb.com, Selasa, 2 Agustus 2016.

Hal serupa disampaikan oleh pedagang cendol keliling, Nurayyi. Ia mengungkkapkan bahwa dagangannya laku keras semenjak hari pembukaan MTQN. “Biasanya sampai sore baru habis, tapi sejak acara MTQ sebentar saja sudah habis, kadang sampai dua kali berjualan,” ungkapnya.

Dalam sehari ia mendapatkan hasil Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu sekali berjualan. Jika berjualan hingga dua kali dalam sehari, maka ia pun mendapatkan hasil dua kali lipat. Namun akunya bahwa dalam sehari dia lebih sering berjualan sekali, dan memilih beristirahat setelahnya. Ia mengungkapkan bahwa jika jualannya cepat habis, maka ia memiliki banyak waktu mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurus keluarga.

Cendol yang dijual seharga Rp 5 ribu per gelas itu biasanya dijajakan di sekitar kantor DPR dan taman udayana. Lalu semenjak kegiatan MTQN dimulai, ia pun berkeliling di sekitar area Islamic Centre saja.
“Biasanya keliling jauh-jauh sampai perumahan penduduk, tapi di acara MTQ hanya di sekitar sini (Islamic Centre) saja sudah cepat habis,” ungkapnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here