Beri Pilihan Pada Jemaah, Masjid Agung Dompu Mulai Gelar Tarawih 20 Rakaat

Pengukuhan pengurus masjid agung Baiturrahman Dompu oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani beberapa lalu. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Kader Jaelani mengukuhkan kepengurusan masjid Agung Baiturrahman Dompu periode 2021 – 2025 dan menunjuk Drs H Moh Nasuhi, MSI sebagai ketua umumnya. Pengurus yang baru aktif awal Mei 2021 ini langsung membuat gebrakan dengan memberikan pilihan bagi jemaah, dengan pelaksanaan salat tarawih 23 rakaat dengan witir.

Selama ini, jemaah masjid agung Baiturrahman Dompu melaksanakan salat tarawih 11 rakaat dengan witir. Namun sejak Rabu malam, 5 Mei 2021, pengurus masjid agung Dompu juga menyelenggarakan salat tarawih 23 rakaat bersama witir.

Iklan

Jemaah salat tarawih 20 rakaat awalnya gabung bersama jemaah yang melaksanakan salat tarawih 8 rakaat. Ketika witir bagi jemaah yang melaksanakan salat tarawih 8 rakaat, makmum yang hendak melanjutkan ke 20 rakaat sejenak istrahat. Setelah jemaah salat tarawih 8 rakaat merampungkan salatnya bersama witir, baru jemaah salat tarawih 20 rakaat melanjutkan ibadah tarawihnya.

Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Baiturrahman Dompu, Drs H Moh Nasuhi, MSI kepada Suara NTB, Jumat, 7 Mei 2021 mengungkapkan, memberikan kesempatan pelaksanaan salat tarawih 20 rakaat setelah jemaah salat tarawih 11 rakaat dengan witir untuk mengakomodir pilihan jemaah. Karena antara 11 rakaat atau 23 rakaat dengan witir memiliki dalil yang kuat.

“Masjid agung sebagai masjid kebanggaan masyarakat Dompu menghargai keyakinan itu, makanya diberi kesempatan untuk sama – sama beribadah,” ungkapnya.

H Moh Nasuhi tidak mempersoalkan memberikan kesempatan bagi jemaah yang hendak melaksanakan ibadah tarawih dan witir 23 rakaat menjelang penghujung ramadhan. Paling tidak, menjadi awal untuk menjadikan masjid sebagai pemersatu dan sentra kegiatan umat di Kabupaten Dompu.

Anak – anak dan remaja juga harus terus dirangkul untuk sama – sama ikut memakmurkan masjid. Ketika ada anak yang ribut di masjid, ia harus dirangkul dan diarahkan oleh orang – orang dewasa. Dengan demikian, anak – anak ini akan semakin senang ke masjid dan melaksanakan berbagai kegiatan ibadah maupun kegiatan sosial lainnya.

Sebelumnya, pada 29 April 2021 lalu, pengurus masjid agung Baiturrahman Dompu ini dikukuhkan oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani. Drs H Moh Nasuhi, MSI sebagai ketua umum. A Rasul A Gani, S.Pd (wakil ketua), Abdul Farid, SE (sekretaris)., dan Ismanur, SP (bendahara). Beberapa penghafal al quran dan qari’ Kabupaten Dompu juga ditunjuk sebagai imam tetap masjid Agung.

Bupati Dompu, Kader Jaelani mengharapkan kepada pengurus Masjid Agung Dompu untuk bisa menjadi penggerak lahirnya persaudaraan dan koordinasi lintas pengurus masjid di Kabupaten Dompu, sehingga peran dan fungsi masjid akan lebih optimal. Masjid juga diharapkan bisa menjadi pusat dakwah, kajian, usaha ekonomi, sosial kemasyarakatan, pembinaan muallaf dan mampu membina generasi emas Dompu yang memiliki ilmu dan berakhlak mulia. (ula/*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional