Berharap Transfer Dana Lancar

Hj. Siti Rohmi Djalilah (Suara NTB/ist)

Kolaborasi dan sinergitas sangat diperlukan Pemprov NTB dan Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat untuk saling memperkuat dan memberi dukungan dalam upaya menyukseskan setiap program pembangunan di NTB. Terlebih begitu banyaknya pos-pos anggaran dari Pemerintah Pusat yang bisa didistribusikan ke Pemprov maupun pemerintah daerah se NTB.

‘’Karena itu kami Pemprov NTB sangat berharap sinergitas yang sudah baik dari pejabat Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB sebelumnya bisa dilanjutkan dan semakin diperkuat dalam upaya bersama-sama membangun daerah dan negara kita,’’ harap Wagub NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah saat menerima Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB yang baru, Sudarmanto, Senin, 1 Maret 2021.

Iklan

Wagub juga menginginkan melalui Ditjen Perbendahaaran NTB agar distribusi dan transfer anggaran atau dana yang diperuntukkan bagi NTB bisa terealisasi dengan lancar, tanpa adanya kendala-kendala.

‘’Demikian juga agar data-data terutama yang terkait dengan bantuan sosial yang diberikan pusat ke NTB agar bisa nyambung dengan data yang dikirim oleh Pemprov NTB. Begitu juga data-data terkait dengan bantuan bagi para pelaku UMKM. Agar bisa mengakomodir sepenuhnya data-data yang terkirim dari Pemprov NTB,’’ harap Wagub.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan NTB yang baru Sudarmanto menyatakan, silaturrahmi bersama jajarannya ke Wagub NTB untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat yang baru menggantikan pejabat sebelumnya Syarwan, SE, ME yang telah memasuki masa purna tugas.

Sudarmanto yang sebelumnya Kakanwil di Sulsel ini juga menyampaikan bahwa untuk tahun ini NTB diakuinya mendapatkan dana Pemulihan Ekonomi (PEN) akibat pandemi Covid-19 cukup besar. Diharapkan anggaran ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi bangkitnya perekonomian dan pemulihan ekonomi NTB.

Sudarmanto juga sangat berharap kepada Pemprov NTB ataupun Pemda Kabupaten/Kota bisa berkonsultasi dengan pihak Ditjen Perbendahaaran NTB jika menemukan kesulitan terkait anggaran dari APBN.

Terkait dengan tingkat penyerapan belanja negara pada item transfer ke daerah dan Dana Desa ke NTB dengan Pagu anggaran sebesar Rp4.201.316.246.000, realisasi hingga 19 Februari sebesar Rp53.503.403.600 (1,27 persen). Dana Desa (DD) Pagu senilai Rp1.247.727.848.000 terealisasi  Rp53.503.403.600 (4,29 persen).(r)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional