Berada di Satu Zonasi, Murid Diarahkan Belajar Bersama

Salah satu murid baru SDN 42 Mataram saat mengikuti MPLS di sekolah beberapa waktu lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Banyak tantangan pembelajaran dalam jaringan (daring), mulai dari guru yang masih belum akrab dengan teknologi alias gaptek, hingga problem peserta didik yang tidak memiliki fasilitas pendukung seperti HP Android.

“Berbeda tantangan tidak semua murid punya kuota mempunyai Android itu,” jelas Kepala SDN 42 Mataram, Johani, S.Pd.

Iklan

Namun Johani punya cara lain menghadapi problem tersebut. Menurutnya semua murid harus belajar. Untuk itu murid yang berada dalam satu zonasi diarahkan untuk lakukan pembelajaran bersama. “Kalau anak-anak yang sistem zonasi kita arahkan agar nonton bersama-sama,” jelasnya.

Dicontohkan Johani, pada saat MPLS yang dimulai 20 Juli kemarin, murid baru mulai lakukan MPLS daring dan luring. Murid yang tidak punya akses lengkap diarahkan bisa belajar bersama dengan murid baru sesama zonasi.

“Dua hari tatap muka dan daring. Kegiatan kegiatan sekolah yang di-share lewat WA Group. Kita kirim ke sana. Karena waktunya satu setengah jam, kita habiskan dengan daring. Kita kirim kegiatan-kegiatan sekolah lain secara bertahap itu yang kita secara bertahap,” jelasnya.

Dengan cara seperti itu pihaknya menjelaskan bahwa pembelajaran tidak boleh terhenti. Semua murid harus mendapatkan akses belajar. Tidak boleh ada murid yang tidak tersentuh pembelajaran.

“Kalau kemarin kita sudah sepakat pada wali murid tidak boleh malu tidak boleh sungkan, pembelajaran ini tidak boleh tidak tersentuh pada semua murid,” ungkapnya.

Pembelajaran masa pandemi ini kata Johani terasa jauh berbeda. Jika dulu pada saat murid baru datang ke sekolah, selalu ada seremoni penyambutan yang dilakukan oleh kakak kelas mereka. Namun kali ini terasa sepi.  “Kedua ialah anak-anak sekarang ini merasa kebingungan masuk sekolah kalau dulu ada penyambutan oleh kakak kelas mereka kalau sekarang ini mereka merasa asing,” urainya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here