Bentuk Panitia Daerah, NTB Siapkan Satgas Teritorial di Lima Pintu Masuk Penonton WSBK Mandalika

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB membentuk panitia daerah untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Indonesia di Sirkuit Mandalika. Selain membentuk 23 bidang dalam panitia daerah tersebut, Pemprov juga menyiapkan Satgas Teritorial yang akan bertanggung jawab di lima pintu masuk penonton WSBK ke NTB.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., menyebutkan, ada tiga kepanitiaan yang dibentuk untuk menyukseskan WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika, yang akan digelar 19 – 21 November mendatang. Yaitu, Panitia Inti yang terdiri dari ITDC, MGPA dan Dorna Sports. Kemudian, Panitia Nasional yang akan dipimpin langsung Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Dan Panitia Daerah yang dibentuk Pemprov NTB yang dipimpin langsung Gubernur.

Iklan

‘’Kita sudah mulai kerja-kerja lebih konkret sekarang untuk mengatur penyelenggaraan WSBK ini. Kemarin kerja-kerjanya penyiapan fisik. Sekarang kerjanya lebih berat lagi untuk konsolidasi,’’ kata Gita dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Kamis, 30 September 2021.

Panitia Daerah yang dibentuk Pemprov NTB, kata Sekda, berada di Bappeda. Hal ini, menurutnya cukup relevan, karena Bappeda juga sebagai Sekretariat Dewan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

‘’Ada panitia pusat pendukung penyelenggaraan WSBK 2021 dan MotoGP 2022 sampai 10 tahun berikutnya. Kita di daerah juga ada panitia daerah pendukung penyelenggaraan WSBK dan MotoGP,’’ jelasnya.

Sekda mengatakan hasil rapat secara virtual, Rabu, 29 September 2021, Pemerintah Pusat sedang menyusun draf kepanitiaan nasional. Setelah kepanitiaan nasional ditetapkan, NTB akan membuat Panitia Daerah.

Tugas dari Panitia Daerah dalam kurun waktu kurang dari dua bulan mendatang adalah memastikan bentuk-bentuk dukungan dan kesiapan masing-masing daerah menyambut event WSBK yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 40.000 penonton atau 20 persen dari kapasitas Sirkuit Mandalika.

Dalam rapat bersama Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian akhir pekan lalu, kata Sekda, Presiden menginginkan agar WSBK di Sirkuit Mandalika dihadiri penonton. Begitu juga harapan dari Gubernur.

‘’Bagaimana panitia daerah ini bergerak untuk mendesain lalu lintas 40 ribu pengunjung (penonton, red). Lima pintu masuk NTB sudah dipersiapkan,’’ katanya.

Ia menyebutkan, akan disiapkan lima Satgas Teritorial untuk lima pintu masuk penonton WSBK. Yaitu, Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Pelabuhan Bangsa dan Tiga Gili di Lombok Utara.

Selanjutnya, pintu masuk Pelabuhan Kayangan – Poto Tano di Lombok Timur, pintu masuk Bandara Internasional Lombok dan pintu masuk KEK Mandalika.

‘’Semua Satgas Teritorial harus mengambil keputusan memperlancar lalu lintas penonton yang datang ke NTB,’’ tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah memastikan penyelenggaraan event WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika akan digelar 19 – 21 November mendatang. Semula, WSBK Indonesia direncanakan 12 – 14 November. Namun karena jadwalnya berbarengan dengan seri penutup MotoGP 2021 di Valencia, sehingga WSBK Indonesia diundur sepekan menjadi tanggal 19 – 21 November 2021. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional