Bentuk Karakter Mental Anggota Pramuka, Racana UIN Mataram Gelar Morsitara

Kegiatan Morsitara XXIX anggota Pramuka UIN Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka membentuk karakter dan mental anggota satuan pramuka lingkup perguruan tinggi, Racana Khalid Bin Walid – Siti Khadijah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram secara khusus menggelar kegiatan Masa Orientasi Tamu Racana (Morsitara) XXIX, Jumat, 27 November 2020.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk membentuk karakter serta mental bagi Calon Tamu Racana. Karakter dan mental yang dimaksud adalah untuk menjadi modal setiap anggota yang bernaung dalam Racana UIN Mataram pada saat menjadi anggota resmi nantinya.

Kegiatan ini diikuti seluruh calon anggota Racana UIN Mataram yang telah mendaftarkan diri secara resmi kepada Panitia Morsitara XXIX 2020. Acara pembukaan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari penggunaan hand sanitizer hingga pengecekan suhu tubuh, serta menjaga jarak aman.

Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. Hj. Nurul Yakin, M.Pd., menjelaskan setiap UKM memiliki ciri khas yang berbeda mulai dari tata adatnya hingga tata cara berkegiatan.

“Organisasi kampus lebih khusus organisasi internal memiliki banyak kelebihan, tidak akan rugi bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi karena organisasi mengajarkan kita pengalaman dan juga kerja tim yang luar biasa,” jelasnya.

Para mahasiswa, lanjutnya, jangan terpaku terhadap IPK, akan tetapi sejauh mana mahasiswa memiliki pengalaman dan proses, sehingga di masa yang akan datang bisa memiliki jiwa dan semangat kerja etos dalam menghadapi zaman sekarang.

Nurul Yakin juga memberi semangat kepada Racana UIN Mataram agar tetap memelihara semangat. Organisasi pramuka memliki sikap yang selalu siap, pantang menyerah dan memiliki tanggung jawab dalam setiap kegiatan. ‘’Intinya saya salut dengan pramuka UIN Mataram. Tetap semangat dan sukses buat racana UIN Mataram”, ungkapnya.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Membentuk Pramuka Yang Cerdas, Tangkas, Berintegritas di Era New Normal” dan berlangsung selama empat hari dari tanggal 26-29 November 2020. Bertempat di Kampus 1 UIN Mataram dan Bumi Perkemahan Gunung Jae Lombok Barat.

Sementara itu Ketua Dewan Racana (KDR) Putra M. Sirajul Huda, menyampaikan kegiatan Morsitara tahun ini terasa berbeda, karena dilaksanakan di masa pandemi Covid 19.

“Kegiatan ini bermula diagendakan bulan September namun diundur menjadi bulan November 2020, dan Alhamdulillah semua berjalan sesuai dengan standar protokol kesehatan. Terima kasih kami sampaikan untuk Reka Kerja yang sudah bekerja sama dan mohon maaf apabila ada kekurangan dari sambutan hari ini,’’ ungkapnya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here