Bentoel Group Tanam 8.200 Pohon untuk Pelestarian Lingkungan di NTB

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Bentoel Group mengadakan kegiatan aforestasi dengan penanaman 8.200 pohon di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah, NTB.

KEGIATAN penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen dari Bentoel Group untuk turut berpartisipasi dalam penanganan pemanasan global melalui pengurangan emisi karbon di lingkungan operasional Bentoel Group. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat menjadi faktor pendorong bagi masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan.

Iklan

Kegiatan aforestasi tersebut dilakukan di beberapa lokasi di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur berdasarkan rekomendasi dari Gabungan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut) Tunas Karya. Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan aforestasi tersebut antara lain berupa tanah milik kelompok tani yang bekerja sama dengan Gapoktanhut, serta tanah milik petani mitra Bentoel Group.

Bentoel Group telah secara rutin mengadakan kegiatan aforestasi setiap tahunnya. Keseluruhan pohon yang ditanam tahun ini berupa pohon kemiri. Pemilihan pohon kemiri tersebut diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar, mencegah kemungkinan masyarakat menebang pohon tersebut untuk keperluan tertentu, dan sejalan dengan program tembakau yang berkelanjutan untuk menggunakan cangkang kemiri sebagai bahan bakar pengomprongan tembakau.

Kegiatan aforestasi ini merupakan salah satu bagian dari Program Tembakau Berkelanjutan atau SustainableTobacco Program (STP) di mana Bentoel Group telah menjalin kemitraan langsung dengan 1.367 petani di wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah. Melalui STP, Perusahaan ingin turut serta membantu pengembangan mitra petani melalui berbagai program pelatihan pertanian, serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Iwan KendarwanKaldjat, HeadofRegulatory&ExternalAffairs Bentoel Group mengatakan kegiatan aforestasi yang telah diselenggarakan oleh Bentoel Group sejak tahun 2006 ini merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab sosial kami untuk turut serta dalam pencegahan pemanasan global, yang merupakan salah satu inisiatif ESG (Environmental, Social, andGovernance) dari perusahaan di bawah naungan Program #BentoelBangunBangsa.

“Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat dapat memperoleh manfaat ekologis dan ekonomis dari penanaman pohon tersebut. Selain lingkungan yang semakin asri, tentunya keberadaan pohon-pohon tersebut diharapkan dapat memberikan dorongan kepada masyarakat setempat untuk dapat melakukan kegiatan usaha dengan memanfaatkan hasil dari buah-buahan yang telah ditanam, yang pada gilirannya diharapkan dapat memberikan pendapatan tambahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Pada tahun 2021 ini, Bentoel Group menanam sebanyak 8,200 pohon kemiri dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan tidak hanya buahnya, namun juga cangkang kemiri itu sendiri. Sehingga tidak ada bagian yang sia-sia dari pohon ini.

“Kami bangga bahwa kami memiliki inisiatif yang baik ini, dan saya sangat yakin hal ini akan membawa kita semua untuk menuju Masa Depan yang Lebih Baik (A BetterTomorrow™), bagi konsumen, karyawan, pemegang saham, dan, tentunya, untuk masyarakat luas,” demikian Iwan KendarwanKaldjat.(bul/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional