Bendungan Rusak di KLU Segera Diperbaiki

Kepala Dinas PUPR NTB, Wedha Magma Ardi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Setelah melakukan pengecekan, akhirnya Pemprov melalui Dinas Sosial (Disos) mendistribusikan air bersih ke  warga yang mengkonsumsi air hujan di Desa Selengen Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Selain itu, untuk bendungan yang rusak, Kementerian PUPR telah memerintahkan Balai Wilayah Sungai (BWS) segera memperbaiki.

Untuk perbaikan bendungan, Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. Wedha Magma Ardi, M.TP, pihaknya telah berkoordinasi dengan BWS Nusa Tenggara I. Ardi mengatakan, untuk perbaikan bendungan yang rusak, Menteri PUPR telah memerintahkan BWS melakukan perbaikan.

Iklan

‘’Itu memang dulu BWS pernah tangani, longsor lagi. Kita minta segera diperbaiki,’’ katanya.

Bendungan yang ada di Desa Selengen merupakan milik kabupaten. Tetapi jika rusak akibat bencana, maka Menteri PUPR telah memerintahkan BWS yang melakukan perbaikan.

Dengan rusaknya bendungan yang ada di KLU tersebut, otomatis akan mengganggu irigasi untuk areal pertanian warga. Selain itu, warga setempat juga mengandalkan air bendungan tersebut untuk memperbaiki rumahnya yang rusak akibat gempa.

Sementara Kepala Disos NTB, H. Ahsanul Khalik, S. Sos, MH mengatakan sebanyak tiga mobil tangki dikerahkan untuk tiga dusun di Desa Selengen. Yakni Dusun Sambik Jengkel Perigi, Gerung Perigi dan Sambik Jengkel. Total air bersih yang didrop untuk warga sebanyak 15.000 liter. Droping air bersih akan dilakukan dua kali seminggu. (nas)