Bendungan Ai Angat Segera Diperbaiki

Kades saat mendampingi dinas terkait saat mengunjungi lokasi Bendungan Ai Angat di desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bendungan Ai Angat di desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, akan diperbaiki tahun 2022 mendatang. Setelah ambruk pada 2018 lalu, yang hingga kini menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian di wilayah tersebut kekurangan air.

Sebagaimana disampaikan Kepala Desa Batu Tering, Alwan Hidayat, S.Pdi, pihaknya telah menemui instansi terkait baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Untuk membahas kondisi bendungan yang mengairi areal pertanian di desa Batu Tering dan sebagian lagi di desa Lito. “Sejak saya dilantik menjadi Kades, saya perioritaskan pembenahan infrastruktur pertanian. Makanya langsung berkoordinasi dengan dengan dinas teknis terkait agar bendungan tersebut bisa dibangun kembali,” terangnya.

Iklan

Menurutnya, pada 2021 ini bendungan Tiu Angat tersebut telah masuk dalam tahap DED. Eksekutif maupun legislatif telah sepakat melakukan rehab total dan konstruksi ulang terhadap bendungan tersebut. “Tim teknis dari PU dan konsultan pendamping dari Unsa, sudah turun melakukan croscek lokasi dan dipastikan ada penambahan bentangan. Kita tunggu saja kelanjutannya di 2022 mendatang realisasi bendungan tersebut,” sebut Alwan.

Diketahui, bendungan Tiu Ai Angat jebol pada 2018 lalu. Akibatnya, masyarakat kesulitan dalam memenuhi air pertanian. Dulunya bisa tanam tiga kali setahun, sekarang hanya satu kali setahun. Bendungan Tiu Ai Angat sebelumnya mampu mengairi sekitar 430 hektar. Meski sempat ada penanganan pasca ambruk oleh BPBD, namun sifatnya hanya sementara dan pemanfaatannya pun tidak maksimal. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional