Belum Serahkan SPJ Bantuan, Tiga Parpol Kena Teguran

Taliwang (Suara NTB) – Sejumlah Partai Politik (Parpol) penerima bantuan dari pemda, sampai dengan saat ini masih belum menyerahkan surat pertanggung jawaban (SPJ) penggunaan dana tersebut. Bahkan jauh-jauh hari Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) sudah mengingatkan hal tersebut kepada para pimpinan parpol di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kepala Bakesbangpoldagri KSB Ir.  H. Joni Hartono, M.Sc kepada Suara NTB, Senin, 5 September 2016 menyebutkan, dari semua parpol yang ada di KSB, baru lima parpol saja yang sudah menyerahkan SPJ penggunaan anggarannya. Sementara tiga parpol lagi yakni Partai Gerindra, Hanura, dan PPP belum menyerahkan hal tersebut.

Iklan

Untuk itu, pihaknya juga sudah melayangkan surat teguran kepada Parpol tersebut terhitung dari tanggal 23 Juli 2016 kemarin. Namun sampai dengan saat ini masih belum ada kejelasan berkaitan dengan SPJ ketiga parpol ini. “Kita sudah layangkan surat teguran untuk segera menyerahkan SPJ-nya namun sampai dengan saat ini belum ada kejelasannya,” ungkapnya.

Seraya menambahkan, terhadap ketiga parpol tersebut apabila tidak kunjung menyerahkan SPJ. Maka dana parpol untuk tahun ini terancam tidak bisa dicairkan. Hal tersebut juga berlaku bagi parpol yang memiliki dua kepemimpinan. Hingga adanya keputusan inkrah dari Kemenkumham. “Untuk PPP saat ini sudah ada keputusan inkrah dari Kemenkumham yang mengesahkan PPP dari kubu Romahurmuzi,” sebutnya.

Disinggung mengenai, kegunaan dana parpol tersebut, ia menyebutkan, dana tersebut untuk pembinaan kader partai politik sekitar 60 persen dan 40 persen lainnya untuk administrasi kepartaian. Seperti melakukan studi banding ataupun keperluan partai lainnya. Ia juga menyebutkan, sejauh ini dalam pengelolaan dana parpol belum ada yang bermasalah. “Alhamdulillah sampai dengan sejauh ini belum ada dana parpol yang bermasalah,” tandasnya. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here