Belum Semua Desa Terima Pencairan DD

Mataram (suarantb.com) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTB, H. Rusman mengakui belum semua desa menerima pencairan Dana Desa (DD). Padahal lima kabupaten di NTB telah menerima transfer DD dari pemerintah pusat.

Lima kabupaten yang telah mendapatkan transfer DD dari pemerintah pusat yaitu Kabupaten Lombok Utara, Dompu, Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah. Sementara tiga kabupaten yakni Bima, KSB dan Sumbawa belum menerima transfer.

Iklan

Meski telah ditransfer, diakui Rusman baru KLU yang telah mencairkan DD ke pemerintah desa. “Informasi sementara baru KLU yang mencairkan ke desa. Tapi baru 15 desa dari 33 desa, jadi masih ada 18 desa. Loteng saya juga dapat laporannya sedang berproses sudah direkomendasikan oleh DPRD kabupaten untuk segera dicairkan ke desa,” ungkapnya, Kamis, 4 Mei 2017.

Pencairan DD ke desa sebenarnya ditetapkan telah dilakukan maksimal tujuh hari setelah transfer ke rekening pemerintah kabupaten. Lambatnya pencairan terjadi mana kala persyaratan belum lengkap. “Mungkin lama di kabupaten karena persyaratan dari desa itu belum lengkap. Syarat pencairannya itu kan SPJ penggunaan DD tahun lalu dan APBDes,” jelasnya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang telah disusun pemerintah desa memang harus melewati evaluasi oleh pemerintah kecamatan dan kabupaten. “Syarat untuk diberlakukan harus dievaluasi dulu. Sama dengan APBD provinsi sudah ditetapkan DPRD tapi harus dievaluasi oleh Kemendagri,” terangnya.

Transfer tahap pertama DD tahun 2017 ini NTB memperoleh Rp 865 miliar. Dengan rincian Kabupaten Bima Rp 155,2 miliar, Dompu Rp 61,16 miliar, Lobar Rp 108,7 miliar, Loteng Rp 118,597 miliar, Lotim Rp 209,358 miliar, Sumbawa Rp 129,333 miliar, KSB Rp 47,7 miliar dan KLU Rp 34 miliar. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here