Belum Rampung, Proyek Pemasangan Kabel PJU ‘’Bypass’’ Bandara II

Giri Menang (Suara NTB) – Proyek pemasangan kabel Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur bypass Lombok International Airport (LIA) II bakal berakhir masa kontrak pengerjaannya tanggal 27 Agustus lusa. Meski menyisakan dua hari masa kontrak , proyek ini belum juga kelar. Lampu PJU di jalur ini belum juga menyala, pihak kontraktor masih mengerjakan proyek ini di lapangan.

Ditemui Senin (22/8/2016), Kepala Dinas Tata Kota Pertamanan dan Kebersihan Lobar, HL. Winengan selaku pihak yang mengelola proyek mengakui pengerjaan pemasangan kabel PJU belum rampung semuanya. Namun di sebagian titik sudah selesai dipasang dan segera dinyalakan. “Belum selesai pemasangannya, tapi sebagian sudah ada yang selesai. Batas waktunya tanggal 27 Agustus,” terang Winengan.

Iklan

Dijelaskan, proyek pemasangan kabel ini akan menghabiskan dana daerah sebesar Rp 400 juta. Adanya pemasangan lampu PJU ini akan menambah beban tarif PJU yang mesti di bayar Pemda ke PLN. Tahun ini saja beban PJU yang perlu dibayar Rp 1,7 miliar lebih. Jumlah PJU dijalur bandara sebanyak 121 tiang PJU. “Untuk pemasangan kabel PJU bandara II, dana yang disiapkan Rp 400 juta,” terangnya.

Tender pemasangan kabel PJU ini sendiri selesai pada bulan Maret, sehingga pengerjaan fisik bisa dimulai bulan Juni.

Lebih jauh dikatakan, untuk pembayaran PJU tahun ini dialokasikan Rp 25 miliar lebih. Dana ini plus untuk pembayaran utang tahun lalu. Per bulan rata-rata pembayaran PJU sekitar Rp 1,7 miliar. Jika program meterisasi dan penertiban gencar dilakukan, maka pembayaran PJU ini diharapkan bisa ditekan serendah mungkin. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here