Belum Miliki E-KTP, Masyarakat Dapat Gunakan Surat Keterangan Memilih

Selong (Suara NTB) – Akhirnya, angin segar didapat masyarakat maupun pemilih pemula yang belum memiliki E-KTP maupun surat keterangan (suket) pengganti KTP. Di mana, hak untuk memilih calon kepala daerah yang digelar tahun ini dapat disalurkan dengan menggunakan surat keterangan untuk memilih yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Dikonfirmasi, Selasa, 17 April 2018, Ketua KPU Lotim, Muh.Saleh, mengatakan, KPU bersama Disdukcapil Kabupaten Lotim mengatensi masih banyaknya warga Lotim yang belum memiliki E-KTP maupun suket pengganti KTP dalam pemilihan calon kepala daerah tahun ini. Menyikapi hal itu, Kemendagri sudah mengeluarkan kebijakan jika masyarakat dapat menggunakan surat keterangan memilih yang dikeluarkan Disdukcapil.

Iklan

Dari hasil koordinasi yang dilakukan dengan Dukcapil Lotim terkait pemilih yang belum memiliki E-KTP dengan kategori sebanyak 137.073 orang. Di mana ada yang sudah merekam namun belum membuat E-KTP maupun suket pengganti E-KTP. Untuk yang belum merekam dan otomatis belum membuat suket maupun E-KTP bagi pemilih pemula, dijelaskan jika solusinya dari Mendagri, terutama untuk pemilih pemula dipastikan jika Dukcapil harus membuat atau mengeluarkan surat keterangan untuk memilih, terutama untuk pemilih pemula atau masyarakat yang belum merekam maupun E-KTP, karena sudah memiliki NIK.

“Jadi Dukcapil akan mengeluarkan surat keterangan untuk memilih, sehingga dokumen dari 137.073 yang belum memiliki E-KTP itu dokumennya ada semua,” jelasnya. Dalam penerbitan surat keterangan hak untuk memilih ini tidak ada pembatasan hingga tanggal 27 Juni 2018. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here