Belum Dimanfaatkan, Kapal Bantuan Kementerian PDT Senilai Rp 1 Miliar Rusak

Selong (Suara NTB) – Kapal bantuan senilai Rp1 miliar milik Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Timur (Lotim) mengalami kerusakan. Padahal, kapal bantuan khusus barang itu baru diterima dari Kementerian PDT pada akhir bulan Desember 2017 lalu. Akibatnya, hingga kini kapal tersebut belum dapat dimanfaatkan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Lotim, Idham, mengakui jika kapal yang diterima Dishub Lotim pada bulan Desember 2017 dari Kementerian PDT RI mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi bagian depan kapal yang bolong akibat menabrak dermaga pantai Labuhan Haji. Dijelaskan, insiden itu terjadi tanpa disengaja dan murni disebabkan kapal dihantam oleh ombak kemudian menabrak dermaga.

Iklan

“Posisi kapal sedang parkir, kemudian dihantam ombak kemudian kapal itu membentur dermaga, sehingga terjadi kerusakan pada bagian depannya,” terangnya kepada Suara NTB, Jumat, 4 Mei 2018.

Disampaikan lebih jauh, keberadaan kapal itu dihajatkan untuk pengangkutan barang ke pulau-pulau terpencil seperti ke Pulau Maringkik, Tanjung Luar maupun antar pulau seperti ke Pulau Sumbawa. Saat ini kapal masih dalam tahap uji coba dan dititip sementara di pelabuhan Labuhan Haji. Dengan memiliki manfaatnya yang cukup besar yaitu kapal dihajatkan untuk transportasi laut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Adapun kapasitas dari kapal yakni sebanyak 5 ton barang.  “Saat ini belum difungsikan,  masih dilakukan uji coba,” jelasnya.

Maka dari itu, terkait kerusakan yang terjadi, karena jangkar yang kecil, ombak besar sehingga kapal menghantam dermaga yang terjadi sekitar satu minggu yang lalu masih tanggung jawab dari kementerian. Sehingga insiden itu sudah dikoordinasikan dengan pihak kementerian namun hingga kini belum mendapat respons. “Sudah kita laporkan ke pemerintah pusat namun saat ini belum ada respons. Kejadian itu murni tanpa disengaja,” terangnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here