Belasan Ribu Peserta BPJS Mandiri Menunggak Iuran

M. Zainudin. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Dompu, mencatat 16.162 orang terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri di wilayah ini. Tersebar merata pada 81 Desa/Kelurahan di delapan kecamatan. Namun demikian, dari jumlah tersebut hanya 2.819 orang yang rutin membayar iuran, sementara 13.343 sisanya menunggak kewajiban bulanan tersebut.

Demikian ungkap Kepala BPJS Dompu, M. Zainudin ketika dikonfirmasi Suara NTB di kantornya, Kamis, 3 Desember 2020. “Ada 13.343 orang yang menunggak iuran untuk peserta BPJS kategori mandiri. Kalau Jamkesmas dan Jamkesda masih aman, karena mereka ditanggung pemerintah,” terangnya.

Iklan

Dari sekian penunggak, sekitar 70 persen tidak memiliki kesadaran untuk membayar iuran. Mereka hanya mau memenuhi beban tersebut ketika datang berobat ke rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan lain.

Sementara yang rutin saat ini, lanjut dia, hanya mereka yang intens melakukan pengontrolan kondisi kesehatannya. Selain masalah kesadaran, tak sedikit dari mereka juga terganjal persoalan ekonomi keluarga. “Ada yang karena persoalan ekonomi, ada juga yang memang tidak sadar terutama untuk peserta kelas I dan II yang notabene mampu,” jelasnya.

Terhadap belasan ribu peserta BPJS Mandiri yang menunggak iuran tersebut, M. Zainudin memastikan, kartunya sudah dinonaktifkan. Mereka baru bisa kembali mengaksesnya ketika melunasi tunggakan iuran berikut denda pelayanan, khususnya bagi pasien yang menjalani rawat inap.

Berbagai upaya sudah dilakukan pihaknya untuk membangun kesadaran masyarakat. Hanya saja, hasilnya belum begitu maksimal. Untuk itu, ia berharap adanya kerjsama semua elemen dalam mendorong kesadaran peserta BPJS akan kewajiban mereka. “Sebenarnya lebih banyak yang keluar daripada iuran yang masuk, bahkan sampai puluhan triliun. Tapi memang karena ini merupakan kewajiban negara, yam au tidak mau akhirnya ditalangi juga oleh negara,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional