Belasan Hektar Padi Diserang Wereng Coklat

Praya (Suara NTB) – Para petani di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) diminta untuk tetap waspada dengan serangan hama penyakit pada musim tanam tahun ini. Pasalnya, ancaman serangan hama belum sepenuhnya hilang. Terutama hama wereng coklat yang terdeteksi telah menyerang belasan hektar tanaman padi di Loteng sejak dua bulan terakhir.

Asisten II Sekda Loteng, Ir. Nasrun, MM, kepada Suara NTB, Rabu, 25 Januari 2017 malam kemarin, mengatakan total sudah ada 11 hektar lahan pertanian di Loteng yang terserang hama wereng coklat. Masing-masing 3,5 hektar pada bulan Desember. Sisanya seluas  7,5 hektar pada bulan Januari ini.

Iklan

Terhadap serangan hama tersebut, pihaknya sudah melakukan upaya pengendalian. Dengan menurun tim pengendali serta obat-obatan. ‘’Dan, sejauh ini kondisi serangan sudah bisa dikendalikan,’’ tegasnya.

Akan tetapi bukan berarti para petani terus berdiam diri. Langkah-langkah antisipasi harus tetap dilakukan. Guna mencegah munculnya serangan hama tersebut. Karena bisa jadi, serangan kembali muncul. Jika kemudian petani tidak melakukan langkah antisipasi.

Pemerintah daerah sendiri juga sudah mengintruksikan seluruh Penyuluh Lapangan (PL). Supaya secara intensif  turun ke petani. Untuk memantau kondisi di lapangan. Sehingga bisa sesegara mungkin melaporkan jika ada serangan hama.

Sekaligus memberikan pemahanan tentang hama penyakit serta upaya penanggulangan. Supaya petani juga bisa melakukan langkah-langkah penanganan ketika ada muncul serangan hama.

‘’Kalau kemudian hanya menunggu langkah pemerintah daerah juga tidak akan maksimal. Petani juga harus melakukan upaya bersama. Baru hasilnya bisa optimal,’’ ujar mantan Kepala Dinas ESDM Loteng ini. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional