Belajar Tatap Muka Belum Diputuskan, Siswa Jalani Ujian Daring

Zainal Afrodi. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, sampai saat ini belum mendapat keputusan terkait KBM tatap muka. Karenanya, Ujian Tengah Semester (UTS) pada Senin 7-13 Maret mendatang, dilakukan secara daring.

Kepala Bidang Dikdas Dikpora Dompu, Zainal Afrodi, S.Pd, MM kepada Suara NTB, Jumat, 5 Maret 2021 menyampaikan, jika mengacu pada penjelasan tim gugus tugas Covid-19 tingkat kabupaten beberapa waktu lalu, daerah ini sudah cukup layak menerapkan KBM tatap muka. Pasalnya, dari delapan kecamatan hanya Kecamatan Dompu yang berstatus zona merah.

Iklan

Meski itu menjadi sinyal baik untuk dimulainya KBM tatap muka, namun sepanjang belum ada Surat Keputusan (SK) Bupati, Dikpora tak bisa berbuat banyak. Artinya pelaksanaan UTS tetap berlangsung secara daring. “Karena belum ada keputusan terpaksa kita daring UTS-nya senin besok,” terang dia.

Sebagaimana diketahui, pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19, tidak pernah berjalan maksimal. Selain karena siswa terganjal kepemilikan fasilitas penunjang, juga beberapa wilayah belum terjangkau akses jaringan. Situasi tersebut tentu akan berimbas pada pelaksanaan UTS.

Dikpora, tegas dia, tidak bisa mengambil keputusan, tetapi menaruh harapan besar agar pemangku kebijakan segera memutuskan kembali masuk sekolah. “Kalau ini terus berlanjut kasihan anak-anak kita. Ini yang harus diperhatikan serius oleh semua pihak,” ujarnya.

Harapan untuk dimulainya pembelajaran tatap muka, menurut dia, bukan saja datang dari instansi teknis. Tetapi tak sedikit orang tua siswa menginginkan proses tersebut berjalan lantaran kewalahan mengontrol pergaulan anak diluar. Kalaupun mendapat respon positif, ia berkeyakinan sekolah mampu menerapkan protokol kesehatan. “Jadi harus segera diputuskan kalau bisa. Karena anak juga ini sebenarnya lebih rawan terpapar Covid-19 sewaktu diluar sekolah,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional