Belajar dari Rumah Masih Berlanjut

H. Sahril. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Aktivitas belajar dari rumah (BDR) bagi siswa SD dan SMP di Kabupaten Sumbawa masih berlanjut. Aktivitas belajar tersebut tetap dilakukan sampai adanya rekomendasi dari gugus tugas untuk pelaksanaan belajar tatap muka.

“BDR masih berlanjut sampai dengan keadaan betul-betul aman menurut rekomendasi gugus tugas. Ini kan menurunnya (kasus covid-19 red) baru. Dan kita belum tahu persis trennya ini bagaimana ke depan. Jadi Mudah-mudahan menurun terus sampai dengan landai sekali,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd, Kamis, 18 Februari 2021.

Iklan

Dijelaskannya, selain kegiatan belajar, sampai sekarang juga belum ada opsi untuk ujian tertulis tatap muka bagi siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. Tetapi ujian dalam bentuk daring atau luring atau kompilasi nilai. Teknik ujiannya diserahkan kepada satuan pendidikan sesaui dengan kondisi sekolah. “Yang jelas untuk opsi sekarang belum ada ujian sekolah yang dilaksanakan secara tatap muka langsung,” terangnya.

Sejauh ini, lanjutnya, dari evaluasi pelaksanaan BDR tetap terdapat kendala. Karena bagaimanapun, kondisi pada semua aspek kehidupan tidak berjalan normal. Hambatan yang dihadapi juga sangat variatif, mulai dari hambatan orang tua, guru maupun sarana prasarana (sarpras). Tetapi yang menggembirakan para guru bisa melahirkan kreatifitas dan inovasi bagaimana meretas hambatan yang ada untuk melaksanakan proses pembelajaran. “Ini yang terus kita pacu guru-guru kita dan Alhamdulilah banyak inovasi guru bagaimana meretas kesulitan belajar siswa,” pungkasnya.(ind)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional