Bela Beli Produk Lokal di Atas Kapal

Jual produk lokal di atas kapal diluncurkan Asisten II Setda NTB H. Ridwan Syah di Pelabuhan Kayangan, Rabu, 3 Maret 2021. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Ir. H. Ridwan Syah, M.M., MTP., meluncurkan program Bela Beli Produk Lokal di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Maritim yang beroperasi di lintas Pelabuhan Kayangan – Pelabuhan Pototano, Rabu, 3 Maret 2021.

Peluncuran ini menandai seluruh KMP yang beroperasi lintas Kayangan-Pototano diharap turut menjual produk lokal.  Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi NTB guna memastikan semua produk UMKM di NTB ini ada pangsa pasarnya.

Iklan

Menurut Ridwan Syah, kondisi ekonomi NTB di tengah situasi pandemi Covid-19 ini diyakini tidak sampai terpuruk. Meski secara nasional mengalami kontraksi, NTB dinilai memiliki  ketahanan ekonomi yang cukup baik.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov NTB adalah melakukan upaya pemulihan ekonomi daerah berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurutnya, produk UMKM bisa masuk ke semua sektor dan diperlukan keperbihakan semua pihak dalam bentuk bela beli produk UMKM agar tetap bisa berproduksi.

Diakuinya, inisiatif dari Dinas Perhubungan ini sangat diapresiasi dan diharapkan juga tidak saja di lintas Kayangan Pototano tapi juga bisa dilakukan di semua simpul transportasi yang lain, baik di transportasi darat, laut maupun udara. Untuk itu, tantangan UMKM ke depan adalah menjaga kualitas, kuantitas dan keberlangsungan produk.

Sementara perwakilan dari pelaku UMKM, Baiq Wanti Kusumasari mengatakan diperlukan kreativitas dan inovasi. Sejauh ini masih banyak kelemahan dalam pengembangan usaha . Antara lain soal kemasan. Produk lokal masyarakat Lombok ini, katanya, banyak yang gemari. Termasuk para wisatawan asing sangat tertarik konsumsi panganan lokal.

Produk yang digemari wisatawan ini adalah yang alami, tanpa bahan pewarna dan perasa makanan. Buatan produk lokal seperti itu sudah banyak di NTB. ‘’Bagi bule, produk olahan lokal ini bahkan dinilai sebagai produk herbal,’’ ujarnya. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional