Bekuk Terduga Bandar Narkoba, Polres Sumbawa Sita Puluhan Gram Sabu

Polisi saat menangkap PN di sawah belakang rumahnya. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tim Satres Narkoba Polres Sumbawa meringkus terduga bandar narkotika jenis sabu pada Senin, 19 Oktober 2020. Dari tangan terduga berinisial PN (25) warga Desa Sepakat, Kecamatan Plampang tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti 9 poket sabu dengan berat bruto 27,55 gram.
Selain barang bukti sabu, juga berhasil diamankan satu timbangan elektrik, 165 buah klip poketan kosong, satu buah skop, gunting, tas pinggang, bukti transfer sebesar Rp 20 juta diduga hasil penjualan, toples kaca, dan uang tunai sebesar Rp 2.485.000.

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasat Narkoba, Iptu Masdidin, S.H., membenarkan adanya penangkapan tersebut. Penangkapan PN berdasarkan hasil pengembangan dari terduga FB yang ditangkap sebelumnya. Awalnya sekitar pukul 11. 30 Wita, pihaknya mendapatkan informasi bahwa di rumah FB sering dijadikan tempat transaksi narkoba.

Iklan

Setelah melakukan penyelidikan, sekitar pukul 12.00 Wita, pihaknya kemudian melakukan penggerebekan di rumah FB. Dari penggeledahan yang dilakukan, pihaknya menemukan tiga poket sabu dengan berat bruto 1,84 gram di dalam bungkus rokok di dalam kamar terduga pelaku. Berdasarkan pengakuan dari FB, barang tersebut diperoleh dari PN. “Dari interogasi di TKP, FB mengaku bahwa barang itu berasal dari PN,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan tersebut, pihaknya langsung menuju rumah PN yang lokasinya tidak jauh dari rumah FB. Saat polisi hendak melakukan penangkapan, PN berusaha melarikan diri dan membawa barang bukti menggunakan tas pinggang. Setelah melakukan pengejaran, polisi berhasil menangkap PN di sawah belakang rumahnya. Dari penggeledahan, berhasil ditemukan 9 poket sabu dengan berat bruto 27,55 gram. Masing-masing 5 poket sedang dan 4 poket kecil.

Selain itu juga diamankan satu timbangan elektrik, satu kotak klip obat yang dibuat dalam bentuk gulungan yang diduga akan diisi sabu untuk diedarkan. Pihaknya juga berhasil mengamankan uang tunai Rp 2.485.000 dan bukti transfer dari PN ke seseorang senilai Rp 20 juta. “Asal usul barang dari PN tetap kami lakukan penyelidikan dan pengembangan,” terangnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, PN diduga sebagai bandar dan FB diduga sebagai kurir. Adapun total barang bukti sabu yang diamankan dari PN dan PB seluruhnya 29,39 gram. Dengan jumlah barang bukti yang berhasil diamankan, pihaknya telah menyelamatkan 290 jiwa dari bahaya narkotika.(ind)