Bekas Luka Ditemukan di Tubuh TKW Asal Loteng, KH yang Dipulangkan dari Saudi

Mataram (suarantb.com) – Kondisi TKW asal Lombok Tengah, KH yang dipulangkan dari Riyadh, Arab Saudi dalam keadaan sakit, berangsur membaik. Namun, di tubuhnnya ditemukan bekas luka di bagian tubuhnya.

Disampaikan oleh Wakil Direktur RSUD NTB, dr Agus Rusdhy hari ini, Sabtu, 8 April 2017, bekas luka itu terdapat di bagian paha dan perut. Dan belum dipastikan apakah itu bekas luka biasa atau bekas jahitan.

Iklan

“Kita deteksi memang ada bekas luka, kalau itu karena riwayat operasi itu cuma pasien yang tahu. Jadi itu hanya bekas luka atau jahitan masih belum pasti,” katanya.

Diakui Agus pihak RS juga belum mendalami bekas luka tersebut, sebab tim dokter lebih fokus pada penanganan medis pasien. “Kalau mau pemeriksaan fisik kan ada hasil visum. Untuk tahu itu bekas kekerasan atau tidak, karena bekas luka bisa saja baru atau lama,” terangnya.

“Kita tidak fokus ke arah sana karena tidak ada permintaan dari pasien dan keluarga,” lanjutnya.

Sejak dirawat di RSUD NTB tertanggal 4 April 2017 kondisi KH semakin membaik. KH datang ke RSUD NTB dengan kulit melepuh, memerah dan mulut bengkak bernanah. Menurut Agus, berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter KH dinyatakan mengidap penyakit Steven Jhonson Syndrome dan gejala anemia.

“Proses perbaikan kondisi termasuk transfusi darah sudah bagus. Kondisi pasien sudah stabil, sudah mampu berkomunikasi dan melakukan aktivitas rumahan,” jelasnya.

Jenis penyakit yang diderita KH diketahui terjadi akibat alergi atau reaksi berlebihan tubuh terhadap zat yang masuk ke dalam tubuh. “Bisa karena obat atau zat tertentu yang dikonsumsi pasien. Kemungkinan konsumsi obat sebelumnya di luar negeri itu,” ucapnya.

Pihak RSUD NTB juga membantah indikasi gejala lupus yang terjadi pada pasien. Menurutnya, data yang diperoleh BP3TKI Mataram itu kemungkinan berdasarkan rekam medis saat KH berada di luar negeri. Sehingga melihat kondisi terkini KH, Agus menilai dalam waktu dekat pasien bisa melakukan perawatan di rumah alias rawat jalan.

“Kalau masih ada yang harus di-explore, nanti bisa dilakukan sambil rawat jalan,” tambahnya.

Sayangnya, KH belum bisa ditemui awak media karena alasan masih dalam proses penyembuhan. Dan dugaan mengalami depresi pasca dipulangkan dari Saudi. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here