Beberapa Temuan saat Simulasi Diupayakan Diperbaiki

Suasana simulasi pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Mataram. Sekolah berupaya memperbaiki temuan selama simulasi. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Simulasi pembelajaran tatap muka secara langsung di sekolah untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB sudah memasuki minggu kedua dari tiga minggu yang direncanakan. Sejumlah temuan saat proses simulasi pembelajaran berupaya diperbaiki oleh sekolah.

Kepala SMKN 1 Mataram, H. Zumri pada Kamis, 24 September 2020 mengatakan, simulasi pembelajaran tatap muka yang diikuti SMKN 1 Mataram pada pekan kedua ini berjalan lancar dan aman.

Iklan

Menurutnya, kendala hampir tidak ada, karena sekolah sudah menyiapkan diri dengan baik. Namun diakui hanya ada beberapa temuan ringan. “Beberapa temuan ringan selama simulasi, dan dapat diatasi,” katanya.

Temuan ringan itu, antara lain masih terjadi kerumunan siswa saat pulang sekolah. Namun di hari berikutnya dapat diatasi dengan selalu menjaga dan mengawasi siswa oleh satuan tugas (Satgas) Covid-19 di SMKN 1 Mataram.

“Sampai hari ke empat simulasi, tidak ada siswa yang mengalami gangguan. Semua dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan, penjadwalan simulasi pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Mataram menggunakan siswam jadwal berputar atau sliding agar tidak terjadi kerumunan yang terlalu besar.

Seperti diketahui, sekolah secara bergiliran mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka dimulai pada Senin, 14 September 2020, di mana setiap sekolah diberikan kesempatan mengikuti simulasi selama satu minggu.

Sementara itu, pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka di SMAN 8 Mataram juga berjalan dengan lancar. Kepala SMAN 8 Mataram, Hj. Suprapti mengatakan, pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka berjalan dengan baik sesuai prosedur. “Tidak ada kendala,” akunya.

Ia menyampaikan, untuk pembelajaran selama ini, SMAN 8 Mataram menerapkan Belajar dari Rumah (BDR) secara daring, sedangkan bagi siswa yang kesulitan mengikuti secara daring, mengambil naskah ke sekolah.  (ron)