Baznas Lotim Komit Entaskan Kemiskinan

0
Ismul Bashar. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) berkomitmen mengentaskan kemiskinan di daerah ini. Untuk mewujudkan itu, Baznas Lotim tengah mengkaji literasi pemberdayaan ekonomi.

Ketua Baznas Lotim, Ismul Bashar, SP,  mengatakan untuk mewujudkan komitmen itu, pihaknya tengah membangun komunikasi dengan instansi terkait di antaranya, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) dan Bagian Kesra. Salah satu yang menjadi targetnya berupa memutus mata rantai ketimpangan yang ada bagi masyarakat  penerima bantuan lebih dari satu.

IKLAN

Dalam penerapannya, Ismul Basar mengatakan pihaknya memiliki tim reaksi cepat sosial terpadu yang nantinya bisa bersinergi dengan beberapa instansi tersebut, sehingga tidak ada lagi warga yang menerima bantuan lebih dari satu dari lembaga berbeda.

Berbicara tentang pengentasan kemiskinan, Ismul Badar menegaskan tentunya harus disertai sinergitas dari semua pihak. Kolaborasi tersebut sangat diharapkan dalam mengurangi kemiskinan menjadi tanggung jawab bersama.

Dicontohkannya, sistem program yang sedang berjalan pada Kementerian Desa dan PDT RI seperti Suistanaible Development Gold’s (SDG’s). Program itu sejalan dengan visi dan misi pada Baznas di mana peran desa selaku pemberi rekomendasi menyeleksi usulan warga yang memperoleh bantuan.

Dalam posisi seperti itu, Baznas dapat mengambil peran sesuai dengan ashnab-nya. Dari 18 indikator dalam SDG’s itu yang menjadi acuan Kemendes PDT, 4 indikator dapat dijalankan oleh Baznas. Termasuk program pemerintah seperti Mawar Emas dan Lotim Berkembang sebagai program pemberdayaan ekonomi umat pun, Baznas pun bisa mengambil peran sesuai dengan ashnab.

Kolaborasi dengan berbagai pihak ini bisa dijadikan pilot project dalam bentuk ekonomi development. Baznas berharap kolaborasi ini menjadi sebuah literasi kesepahaman. Jangan sampai pemahaman masyarakat terhadap program itu sangat kurang. Kita ingin mengubah mindset masyarakat untuk berpikir inovatif. (yon)