Bawaslu NTB Petakan Tantangan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Suhardi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dinilai akan memiliki tantangan tersendiri. Karena itu perlu diantisipasi jauh-jauh hari agar berbagai tantangan tersendiri dapat diatasi dengan baik.

Bawaslu NTB telah melakukan pemetaan terhadap beberapa hal yang patut diatensi serius dalam setiap tahapan persiapan. Di antaranya, tata kelola lima kotak yang cenderung rumit, beban kerja penyelenggara yang relatif berat dan tidak proporsional, potensi molornya jadwal penghitungan suara.

Iklan

Berikutnya lagi, pengisian form C1 yang kerap berbeda antara saksi dengan yang dimiliki KPPS. “Ini kerap membingungkan para pencari kebenaran, sementara KPPS sudah kelelahan oleh berbagai persoalan administrasi lainnya,” kata Anggota Bawaslu NTB, Suhardi, Selasa, 4 Mei 2021.

Tantangan berikutnya lanjut Suhardi yakni sistem informasi rekapitulasi yang belum stabil, dan beban pengelola administrasi pemilu terutama KPPS. Selanjutnya, jarak antara pemilu dan Pilkada serentak lebih pendek. “Ini akan membawa dampak terhadap aspek teknis penyelenggara lebih rumit,” katanya.

Pemilu dan Pilkada Serentak yang digelar dalam tahun yang sama itu, juga akan membuat kebutuhan logistik membengkak. Di sisi lain, penyelenggara memiliki keterbatasan SDM dan sarana penunjang untuk sosialisasi kepada pemilih mengenai teknis pencoblosan.

Sekalipun pemilihan langsung sudah dilakukan berkali-kali namun faktanya masih banyak warga yang kebingungan teknis penyampaian hak suara. “Ini penting sekali sosialisasi harus lebih gencar,” tekannya.

Selain berbagai tantangan di atas Pemilu dan Pilkada Serentak juga dinilai memiliki dampak positif. Terutama dari sisi efisiensi waktu pelaksanaan pemilihan. Pemilu membawa semangat untuk melahirkan pemimpin eksekutif baik itu presiden dan wakil presiden yang mendapat dukungan legislatif. Sehingga pemerintahan dapat berjalan stabil dan efektif.

Sisi positif lainnya, pemilu serentak meminimalkan konflik antar partai dan antar partai pendukung. “Pemilu 2024 harus dapat berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (ndi)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional