Bau Nyale Diharapkan Tambah Lama Tinggal Wisatawan di KEK Mandalika

Suasana event bau nyale. (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Event Bau Nyale tahun ini diharapkan bisa memberikan multiplayer efek yang luas di berbagai sektor. Terutama sektor pariwisata di kawasan The Mandalika Kuta yang menjadi lokasi gelaran event nasional tersebut. Salah satunya bisa menambah long stay (lama tinggal) wisatawan di kawasan The Mandalika Kuta.

Saat ini, ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H.L.Moh.  Faozal, S.Sos.M.Si., Rabu,  23 Januari 2019, long stay wisatawan di kawasan The Mandalika yang paling tinggi dari destinasi wisatawan lainnya di NTB, yakni 7 sampai 10 hari.

Iklan

Mengingat, pasca musibah gempa kemarin kawasan The Mandalika merupakan kawasan yang paling minim terdampak, sehingga banyak wisatawan mancenegara khususnya yang memilih untuk beriwisata dikawasan The Mandalika. Dan, rata-rata tinggal cukup lama jika dibandingkan dengan destinasi wisata yang lain di NTB.

“Nah, dengan adanya event Bau Nyale ini long stay wisatawan di kawasan Tha Mandalika bisa lebih lama lagi. Karena banyak event yang bisa dinikmati oleh wisatawan selama gelaran event Bau Nyale kali ini,” tegasnya.

Selain bisa menyedot wisatawan mancanegara, event Bau Nyale diharapkan juga bisa menyedot wisatawan domestik, sehingga promosi event akan lebih masif lagi. Karena kehadiran wisatawan domestik juga bisa memberi efek baik bagi pariwisata dan ekonomi daerah ini.

“Wisnus (wisatawan nusantara) target kita paling tidak 5 sampai 6 ribu orang bakal datang menyaksikan event Bau Nyale tahun ini,” tandasnya. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, lokasi Bau Nyale akan mulai ditata kembali, supaya bisa memberikan kesan positif bagi para wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. (kir)