Batas Ruang Antar Bangunan Disarankan Gunakan Pohon

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka menjadikan Mataram sebagai kota hijau dan pemenuhan ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH), Dinas Pertamanan Kota Mataram menyarankan agar batas ruang antar bangunan seperti ruko maupun perkantoran dibatasi dengan penananam pohon atau semacam taman kecil.

“Saran saya di pertokoan itu untuk batasan antar toko itu jangan tembok, tapi tanaman hidup,” terang Kepala Bidang RTH Dinas Pertamanan Kota Mataram, Nanang Edward kepada suarantb.com, Jumat, 22 Juli 2016.

Iklan

Di Kota Mataram kebanyakan batas antar bangunan menggunakan beton atau tembok. Dan disampaikan Nanang masih banyak pemilik bangunan atau pengusaha yang belum menjalankan hal ini. Menurutnya dengan membatasi bangunan yang satu dengan yang lain akan membuat kawasan tersebut menjadi lebih asri dan indah. Selain itu juga tidak membahayakan.

“Hanya sekian persen saja yang menggunakan itu, kecil sekali. Kalau saran saya batasan antar toko ya seperti itu. Ndak usah jauh-jauh misalnya antara Hotel Santika sama BPD (Bank NTB) misalnya tidak usah pakai tembok, malah lebih bagus (dengan tanaman) kan tidak saling membahayakan,” jelasnya. Ke depan ia berharap semua pemilik bangunan atau para pengusaha bisa melaksanakan saran dari Dinas Pertamanan ini.

Bagi bangunan bertingkat, Undang-Undang mensyaratkan agar tetap menyediakan RTH seperti menyediakan taman di lantai paling atas. Dalam izin pembangunan ada ketentuan yang mensyaratkan bahwa pemilik bangunan harus menyediakan semacam taman. Namun pemberlakuan aturan ini di Kota Mataram belum berjalan maksimal.

Nanang mengatakan pihaknya juga telah menyampaikan melalui penyuluhan maupun imbauan setiap rumah harus menanam satu pohon. Saat ini persentase ketersediaan RTH privat di Mataram mencapai 14,38 persen atau melampaui syarat 10 persen yang ditargetkan Undang-Undang. Sementara ketersediaan RTH publik belum memenuhi target 30 persen.

  Cuaca Buruk, Masyarakat Diminta Siaga Sampai Maret

Untuk memenuhi ketersediaan 30 persen RTH publik ini, pihkanya sedang menggencarkan penanaman vegetasi di beberapa median jalan seperti di Jalan Udayana, bypass Mataram-BIL, dan Jalan Bung Hatta. Pihaknya juga sedang menggagas kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi agar pada saat penerimaan mahasiswa baru disyaratkan satu mahasiswa menanam satu batang pohon. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here