Baru Terkumpul Rp100 Miliar, Potensi Zakat di NTB Rp2,8 Triliun

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah didampingi Istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi menyerahkan zakat ke Baznas NTB dalam acara Gerakan Cinta Zakat di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, Rabu, 5 Mei 2021. (Suara NTB/nas)

Matatam (Suara NTB) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) NTB menyebutkan sesuai hasil kajian, potensi Zakat, Infaq dan Sadaqah di NTB mencapai Rp2,8 triliun. Namun, zakat yang terkumpul se – NTB pada 2020 baru sekitar Rp100 miliar.

‘Kita akan mengoptimalkan melalui gerakan cinta zakat. Karena di NTB ini, banyak zakat ini tidak terdaftar juga. Jadi, masih banyak yang tidak terkoordinasi. Dan memang masalah zakat ini sangat personal,” kata Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., dikonfirmasi usai membuka acara Gerakan Cinta Zakat di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, Rabu, 5 Mei 2021.

Iklan

Menurut Gubernur, potensi zakat di NTB jauh lebih besar dari yang sudah teridentifikasi. “Karena zakat ini, kadang-kadang bahagianya kalau diam-diam memberikan,” katanya.

Ketua Baznas NTB, TGH. Muhammad Said Ghazali menyebutkan potensi zakat di NTB mencapai Rp2,8 triliun. Sementara zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang berhasil dikumpulkan pada tahun 2020 di seluruh NTB baru sekitar Rp100 miliar lebih.

Khusus untuk Baznas NTB, pada 2020 berhasil mengumpulkan ZIS sebesar Rp 28,5 miliar  melebihi realisasi pada tahin 2019 yakni Rp26, 4 miliar. Untuk tahun 2021 ditargetkan sebesar Rp30 miliar.

Ia menjelaskan, Baznas NTB mendistribusikan penggunaan ZIS melalui beberapa program. Di antaranya, Baznas NTB Gemilang Peduli dengan jumlah penerimanya 26.798 orang. Kemudian Baznas NTB Gemilang Cerdas dengan jumlah penerimanya 3.198 orang.

Selanjutnya, Baznas NTB Gemilang Sehat dengan jumlah penerimanya 881 orang, Baznas NTB Gemilang  Makmur dengan jumlah penerimanya 2581 orang. Dan Baznas NTB Gemilang Takwa dengan jumlah penerimanya 6.541 orang.  Serta program pemberdayaan  sejumlah 499 orang dan lembaga, dengan total 4.438 orang. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional