Baru Satu Partai Mendaftar di KPU Mataram

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019. Pembukaan pendaftaran dimulai tanggal 1 – 16 Oktober. Di Kota Mataram baru satu partai yang mendaftar. Itupun sebatas menyerahkan dokumen.

Pantauan Suara NTB, Partai Perindo merupakan satu – satunya parpol yang menyerahkan dokumen ke KPU. Penyerahan persyaratan oleh Ketua DPW Perindo NTB, H.M. Izzul Islam.

Iklan

Dokumen persyaratan harus diserahkan parpol yaitu surat pernyataan memiliki kepengurusan Partai Politik di seluruh provinsi, paling sedikit di 75 persen jumlah daerah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan dan paling sedikit 50 persen jumlah kecamatan di daerah kabupaten/kota.

Bukti keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen pada kepengurusan Parpol di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Memiliki anggota paling sedikit 1 : 1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten/kota serta syarat lainnya.

Komisioner KPU Kota Mataram, Bedi Saparwadi, SE., menjelaskan, kebanyakan partai datang hanya berkonsultasi mengenai persyaratan pendaftaran. Pada Senin, 9 Oktober 2017, hanya Partai Perindo datang menyerahkan dokumen persyaratan mereka. Tetapi belum mendaftar resmi karena harus menunggu di Pusat.

KPU selaku penyelenggara Pemilu, prinsipnya menerima pendaftaran dengan persyaratan berupa nama anggan atau F2 Parpol, KTA, dan KTP elekronik. Khusus di Kota Mataram dengan jumlah penduduk 419 ribu. Parpol minimal menyerahkan 1:1.000 atau 419 jiwa penduduk Kota Mataram terdaftar sebagai anggota partai. “Parpol harus menyerahkan daftar nama lengkap dengan KPT elektronik atau suket,” paparnya.

Kepengurusan Partai Politik khusus di Mataram yang memiliki enam kecamatan. Minimal harus 50 persen atau tiga kecamatan memiliki kepengurusan. KPU akan mengkroscek dokumen persyaratan diserahkan oleh Parpol. Jika ditemukan ganda secara otomatis ditolak. Karena, nama – nama diserahkan harus sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik.

Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2016 dibuka hingga 16 Oktober. Sejauh ini, ia tidak mengetahui penyebab partai belum mendaftar. KPU pernah mengkomunikasikan agar Parpol tidak mendaftar pada akhir pendaftaran. Ketika ada kekurangan pengurus Parpol bisa segera melengkapi.

“Kita sudah minta supaya jangan menumpuk mendaftar pada akhir pendaftaran. Kalau ada yang kurang mereka bisa melengkapi,” tuturnya. Ketua DPD Beringin Karya Kota Mataram, Lalu Wirasakti mengaku kedatangannya ke KPU hanya berkoordinasi saja dan menginformasikan bahwa partainya tidak mendaftar.

Wakil Ketua Biang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPC PDI Perjuangan Kota Mataram, I Gde Wiska mengatakan, partainya akan mendaftar ke KPU tanggal 11 Oktober (Rabu besok). Saat ini, ia tengah menyiapkan data seperti KTP elektronik dan Kartu Tanda Anggota. Tetapi, partainya sudah mendaftar melalui SIPOL beberapa hari lalu. “Kalau di SIPOL kita sudah daftar. Tinggal mendaftar manual tanggal 11 Oktober,” sebutnya. (cem)

Advertisement