Baru Pulang dari Malaysia, 72 PMI Loteng Langsung Dikarantina

Baru Pulang dari Malaysia, 72 PMI Loteng Langsung Dikarantina

Praya (Suara NTB) -Sebanyak 72 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Jumat, 19 Februari 2021, menjalani proses karantina di hotel karantina. Mereka merupakan bagian dari 180 PMI asal NTB yang kembali dari Malaysia setelah kontrak kerjanya berakhir. Para PMI tersebut tiba di Bandara Internasional Zainul Abdul Majid (BIZAM) sekitar pukul 14.00 Wita.

Dalam keterangannya, Kabag Ops Polres Loteng Kompol I Kadek Suparta mengatakan, PMI tersebut menumpangi pesawat Airasia QZ462 rute Kuala Lumpur-Lombok. Sebelum keluar dari bandara para PMI tersebut menjalani pemeriksaan ketat sesuai prosedur protokol Covid-19. “Rinciannya dari 180 orang PMI yang pulang 108 orang PMI asal Lombok Barat,Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara. Sisanya sebanyak 72 orang merupakan PMI asal Loteng,” terang.

Iklan

Ia menjelaskan untuk PMI yang dari luar Loteng diserahkan ke daerahnya masing-masing. Adapun PMI asal Loteng langsung diarahkan ke hotel karantina yang telah dipersiapkan oleh Satgas Covid-19. Guna menjalani proses karantina hingga beberapa hari ke depan. Karena prosedurnya, bagi PMI yang baru kembali dari luar negeri harus menjalani proses karantina.

“Mereka para PMI tidak diperkenankan kembali ke rumahnya langsung. Tapi harus menjalani proses karantina, untuk memastikan PMI tersebut tidak terpapar Covid-19,” jelasnya. Hal tersebut sudah diatur dalam surat edaran Satgas Covid-19 Pusat dan pengumuman Menteri Luar Negeri, semua berlaku bagi WNA atau WNI yang masuk di Indonesia.

“Karantina dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya seraya menambahkan pihak hanya memastikan para PMI tersebut terkawal dengan baik sampai lokasi karantina. PMI tersebut selanjutnya akan mendapat pemeriksaan kesehatan lebih lanjut pada hari Sabtu. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional