Baru Lotim dan Lobar Ajukan Pencairan DD

Syarwan (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Dari delapan kabupaten di NTB, baru dua yang sudah mengajukan permohonan penyaluran atau pencairan dana desa tahap I ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Yakni Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dan Kabupaten Lombok Barat (Lobar) sebanyak 18 desa.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) NTB, Syarwan, SE, MM yang dikonfirmasi usai Rakor Percepatan Penyaluran Dana Desa di NTB Tahun 2020, Selasa, 25 Februari 2020 mengatakan, untuk Lotim sudah cair sebanyak 8 desa sebesar Rp4,3 miliar lebih. Sedangkan untuk 10 desa di Lobar, dana desa tahap I akan cair, 28 Februari 2020.

Iklan

Ia merincikan 8 desa yang sudah memperoleh dana desa tahap I di Lotim berada di Kecamatan Aikmel. Masing-masing Desa Aikmel sebesar Rp636 juta lebih, Desa Lenek Daya Rp730 juta lebih, Desa Aikmel Barat Rp428 juta lebih, Desa Toya Rp787 juta lebih, Desa Kalijaga Tengah Rp400 juta lebih, Desa Bagik Nyaka Santri Rp392 juta lebih, Desa Aikmel Timur Rp516 juta lebih dan Desa Keroya Rp425 juta lebih.

Sedangkan 10 desa di Lobar yang akan mendapatkan pencairan dana desa pada 28 Februari mendatang adalah Desa Sekotong Tengah, Jatisela, Jeringo, Meninting, Lembah Sari, Bengkaung, Kuranji, Labuapi, Penimbung dan Batulayar. Sebanyak 10 desa di Lobar tersebut akan mendapatkan dana desa tahap I sebesar Rp5,1 miliar lebih.

Syarwan menambahkan, selain dua kabupaten tersebut, Kabupaten Sumbawa  juga akan segera mengajukan permohonan pencairan dana desa tahap I untuk 100 desa. Pengajuan permohonan masih menunggu bupati. Ia mengharapkan, sebanyak 995 desa pada 8 kabupaten di NTB semuanya sudah menerima dana desa tahap I pada Maret mendatang.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD Dukcapil) NTB, Dr. H. Ashari, SH, MH mengaku sejak Januari pihaknya sudah keliling ke kabupaten untuk mendorong percepatan penyaluran dana desa tahap I. Bagaimana agar Pemda kabupaten segera menyiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan untuk pencairan dana desa tahap I.

Ia mengatakan, salah satu persyaratan pencairan dana desa tahap I adalah Peraturan Bupati mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa setiap desa yang masih banyak belum ditetapkan. Namun sekarang, hampir semua kabupaten sudah menyelesaikan Perbup tersebut.

Selain Perbup, Pemda kabupaten juga harus membuat surat kuasa pemindahbukuan dana desa oleh bupati. ‘’Yang sudah ada surat kuasanya kemarin itu hanya tiga daerah, yakni Dompu, Lombok Timur dan Lombok Barat. Yang lainnya sedang proses,’’ kata Ashari.

Ia berharap Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten dan camat punya inovasi untuk mempercepat penyaluran dana desa. Karena ada kades yang mengatakan persoalannya bukan di desa, tetapi di kabupaten soal pengurusan persyaratan permohonan pencairan dana desa. (nas)