Baru Dibangun, Tanggul Dasan Agung Jebol

Mataram (Suara NTB) – Tanggul sungai Jangkok di Kelurahan Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, jebol. Padahal, dinding beton tersebut baru dibangun di 2016 oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman.

Informasinya, tanggul jebol terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari. Ini disebabkan oleh tingginya debit air di Sungai Jangkok. “Tadi malam itu sekitar jam 02.00 Wita,” kata Muhammad, warga setempat, Selasa, 23 Januari 2018.

Iklan

Sepengetahuannya, proyek tanggul itu baru dibangun oleh pemerintah. Tetapi, ia mencuriga bahwa kualitas proyek tidak bagus. “Campurannya gak bagus. Seharusnya, sebelah sana yang jebol,” imbuhnya sambil menunjuk dinding tanggul sebelah barat.

Muhammad berharap, pemerintah segera memperbaiki tanggul itu. Jika tidak segera ditangani, dinding tanggul kembali tergerus dan berimbas ke jalan raya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ir. H. Mahmuddin Tura mengatakan, telah mengecek langsung kondisi tanggul yang jebol itu. Kerusakan diperkirakan mencapai 20 meter. “Tadi, saya sudah cek langsung. Memang debit air tinggi kemudian tanggulnya tergerus,” katanya.

Mahmuddin menjelaskan, proyek ini dikerjakan oleh BWS dan Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Dinas PUPR NTB. Sehingga, pihaknya telah berkoordinasi ke BWS untuk segera ditangani cepat. BWS sambung Mahmuddin, memiliki dana tanggap darurat relatif besar.

“Kalau dana di kita itu kecil. BWS tadi sudah sanggup memperbaiki,” kata dia.

Sementara ini,  penanganan jebolnya tanggul itu menggunakan karung berisi pasir. Jangan sampai, kerusakan meluas hingga ke jalan raya. Dikatakan, perbaikan harus menunggu arus air surut dulu. (cem)