Barang Bawaan Pendaki ke Bukit Pergasingan akan Diperiksa

Inilah Bukit Pergasingan yang sedang dinikmati keindahannya oleh wisatawan. Buntut dari kejadian di Savana Propok, pendakian ke Bukit Pergasingan mengharuskan barang bawaan pendakian dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.(Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Beredarnya video dugem wisatawan di Bukit Kondo Savana Propok akhir pekan lalu berbuntut panjang. Selain dilakukan penutupan sementara pendakian ke lokasi tersebut. Kejadian yang cukup menciderai dunia pariwisata berimbas pada pendakian ke destinasi wisata lainnya. Seperti halnya pendakian ke Bukit Pergasingan, Sembalun. Barang bawaan dari pendaki terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan barang bawaan bagi para pendaki ke Bukit Pergasingan ini rencananya akan mulai diterapkan, Sabtu, 8 Agustus 2020 ini di loket jaga sebelum melakukan pendakian. Barang-barang yang dianggap dapat memberikan efek buruk bagi pemilik barang dan pendaki lainnya akan disita oleh pengelola.

Iklan

“Kebijakan ini kami terapkan selaku pengelola dengan belajar dari kasus joget di destinasi wisata di Savana Propok,” terang Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Royal Sembahulun, Kamis, 6 Agustus 2020.

Disebutkannya, beberapa barang bawaan pendaki yang akan dilakukan penyitaan berupa parang, minuman keras, narkoba, alat kontrasepsi, dan salon musik, termasuk gitar dan alat musik lainnya. Di samping itu, para pendaki diwajibkan membawa dan memakai masker dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 di tempat wisata.

Bagi pendaki yang tidak bersedia untuk diperiksa barang bawaannya, tidak diizinkan untuk melakukan pendakian. Untuk itu, ia meminta kepada para pendaki untuk mematuhi segala aturan yang ditetapkan oleh pengelola dan saling menghargai untuk kebaikan bersama. “Pemeriksaan akan kita mulai tanggal 8 Agustus besok (hari ini, red),” terangnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here