Banyak Penyalahgunaan Obat – obatan, Pemda Dompu Siapkan Regulasi

Dompu (Suara NTB) – Kasus penyalahgunaan obat – obatan dan kasus narkoba di Kabupaten Dompu cukup mengkhawatirkan. Untuk menghentikan penyalahgunaan obat – obatan dan narkoba, harus dimulai dari kalangan keluarga dan didukung aparat keamanan. Pemda juga tengah merancang regulasi untuk peredaran obatan-obatan tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Dompu, Selasa, 2 Mei 2017. “Ukuran dari sukses tidaknya pendidikan, lebih pada perilaku manusianya. Sekarang yang heboh di Dompu penyalahgunaan obat-obatan terlarang, narkoba dan tramadol. Mulai hari ini, berhenti menggunakan tramadol, konidin dan lain-lain kecuali pada saat sakit,” ajak Bupati.

Iklan

Kendati aparat Kepolisian akan menjerat para pelaku dengan Undang – undang Kesehatan, bagi Bupati, pengguna dan pemakai merupakan anak – anak Dompu dan pasti ada kedua orang tua dan keluarganya. “Kalau kita terus berharap Polisi, Pol PP, atau Pemda yang akan menghentikan kegiatan ini, itu akan sangat minim keberhasilannya,” gugahnya.

Karenanya, ia meminta para orang tua untuk lebih peduli dan perhatian pada anak – anaknya. Ketika anak belum kembali saat keluar malam, orang tua harus lebih khawatir dan mencari anaknya. Karena anak – anak ini butuh perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya.

Anak – anak ini merupakan permata kehidupan bagi kedua orang tuanya. Tapi belakangan ini, banyak orang tua lebih peduli pada  HP dan hartanya yang lain ketimbang anaknya. “Kalau perhatian lebih diberikan kepada HP dari anak – anak, jadi jangan seratus persen anak – anak disalahkan. Yang harus disalahkan, orang tua,” kata H. Bambang.

Pemerintah daerah (Pemda) juga tengah merancang peraturan terkait penyalahgunaan obat – obatan yang sudah mengkhawatirkan. Tapi karena banyak terkait undang – undang dan peraturan lain, sehingga pemerintah sangat hati – hati, termasuk menerapkan jam malam bagi anak – anak pelajar. Ketika ada yang kedapatan masih berkeliaran di jam malam, anak dan orang tuanya akan dibina. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here