Banyak Nakes Terpapar Covid-19, Bupati Perintahkan Segera Bayar Insentif

Koramil 01 Dompu, Kapten M. Yamin saat menyerahkan minuman penambah imunitas kepada petugas di ruang isolasi Covid-19 RSUD Dompu, Kamis, 15 Juli 2021.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Kader Jaelani prihatin dengan penyebaran virus Corona di Kabupaten Dompu. Tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi garda terdepan dalam layanan kesehatan bagi masyarakat banyak terpapar Covid-19. Ia pun memerintahkan kepala BPKAD Kabupaten Dompu untuk segera bayarkan insentif tenaga kesehatan (Nakes) dan berperan aktif agar syarat yang dibutuhkan bagi pencairannya.

“Tenaga kesehatan yang memberikan perawatan bagi pasien Covid-19 ini ibarat bermain dengan bara api dan terancam terpapar virus. Ketika kembali ke rumah, meraka juga harus membatasi diri dengan keluarganya karena khawatir pakaian yang dipakainya terjangkit virus. Dengan dibayarkan insentif, paling tidak beban mereka bisa terkurangi,” kata Bupati Dompu, Kader Jaelani kepada Suara NTB, Rabu, 14 Juli 2021.

Iklan

Kepala BPKAD Dompu diminta untuk berperan aktif dengan memfasilitasi kelengkapan dokumen dan administrasi yang dibutuhkan, sehingga insentif nakes bisa segera dicairkan. “Saya tidak ingin karena persoalan administrasi yang mestinya bisa diselesaikan, akhirnya insentif ini terlambat dibayarkan,” harap Bupati.

Aba Kader juga meminta kepada masyarakat untuk mematuhi instruksi pemerintah terkait pelaksanaan PPKM mikro dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Kebijakan PPKM mikro dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. “Camat harus bisa memastikan Desa/Lurah di wilayahnya menyiapkan posko yang mengawasi penerapan protokol Covid-19,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes yang dihubungi terpisah mengakui banyak nakes di Dompu yang terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR maupun rapid test antigen sehingga layanan di beberapa fasilitas kesehatan dibatasi dan bahkan ditutup sementara. Seperti puskesmas Kilo, Kempo, Soriutu, Dompu Barat, Calabai, dan IGD RSUD. “Makanya sekarang kita optimalkan layanan IGD di RS Pratama,” ungkap Maman.

Terkait pemberian makanan penambah imun bagi Nakes, Maman mengaku, sejauh ini belum ada. Selama ini hanya sebatas pengaturan secara internal di pusat – pusat layanan seperti setiap puskesmas yang memberikan suplemen makanan bagi pegawainya.

Namun jajaran Kodim 1614/Dompu, Kamis, 15 Juli 2021 membagikan minuman suplemen untuk menjaga imun bagi tenaga kesehatan (Nakes) di ruang isolasi RSUD Dompu, IGD darurat RSUD Dompu, RS Lapangan Sanggilo dan RS Pratama Manggelewa. “Semoga bermanfaat untuk meningkatkan imun saudara – saudaraku yang sedang dirawat dan juga para nakes,” kata Dandim Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom. (ula)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional