Banyak Nakes Positif Covid-19, Pelayanan Tiga Puskesmas di Lobar Terganggu

Puskesmas Gerung yang terdampak pelayanan akibat sejumlah nakesnya positif Covid-19. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pelayanan tiga puskesmas di Lombok Barat (Lobar) terganggu lantaran sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di puskesmas tersebut dinyatakan positif Covid-19. Pelayanan tiga puskesmas ini terpaksa diatur, karena kekurangan nakes, sehingga tidak bisa melayani 24 jam. Mensiasati itu, pihak puskesmas pun memberdayakan nakes yang ada.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakin dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan Lobar dr. Ahmad Taufiq Fathoni mengatakan beberapa pelayanan di tiga puskesmas antara lain Kuripan, Meninting dan Gerung dibatasi, karena disesuaikan dengan tenaga nakes yang ada.

Iklan

 “Di puskesmas, nakes yang kena (positif, red) sekitar enam orang, tapi ada tenaga nakes masih sisa tujuh orang misalnya. Itu sampai mana operasional pelayanannya, diatur sampai setengah hari, mau jam 2 atau jam 4 sore,” jelasnya, Jumat, 10 Juli 2020.

Beberapa puskesmas yang mengalami pembatasan pelayanan juga seperti di Meninting dan Gerung. Di mana jumlah nakes yang terpapar Covid-19 kurang enam orang, Puskesmas Meninting sebanyak lima orang sehingga total nakes yang terkena mencapai belasan orang. Akan tetapi untuk dua puksemsas ini tidak ada pembatasan pelayanan , namun mengurangi kegiatan di luar gedung. “Puskesmas yang cukup dengan jumlah tenaga nakesnya bisa membuka pelayanan 24 jam, namun mengurangi kegiatan-kegiatan di luar Gerung, misalnya turun posyandu,” jelasnya.

Bagi puskesmas yang tenaganya kurang, maka jam pelayanan diatur disesuaikan dengan jumlah tenaga. Sejauh ini, jelas dia, tidak ada puskesmas yang ditutup, karena masih ada tenaga cadangan untuk mengoperasikan pelayanan puskesmas tersebut. Pelayanan puskesmas ini kembali normal menunggu nakes yang selesai swab kembali bertugas. Namun kalau hasil swabnya negatif mereka bisa masuk lagi, sebaliknya kalau swabnya positif, maka mereka harus menjalani penanganan. (her)

  Meledak 49 Kasus Baru, Positif Covid-19 di NTB Melonjak Jadi 537 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here