Bantuan Ternak Sudah Tersalurkan ke Belasan Kelompok

H. Junaidi. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) telah melakukan seleksi terhadap ternak yang disediakan penyedia. Dari verifikasi yang dilakukan, sejauh ini bantuan ternak sudah teralurkan ke belasan kelompok. Bantuan ternak ini terdiri atas bibit sapi dengan tinggi 100 cm, sapi dengan tinggi 105 cm dan kambing.

Khusus bantuan sapi dengan tinggi 100 cm, dari 77 ekor yang disediakan 68 ekor lolos seleksi dan sudah disalurkan ke 6 kelompok. Kemudian sapi dengan tinggi 105 cm, dari 12 ekor yang disediakan sebanyak 10 ekor lolos seleksi. Saat ini sudah disalurkan ke satu kelompok. Sedangkan ternak kambing juga sudah disalurkan 124 ekor ke 6 kelompok.

Iklan

 “Jadi sudah mulai kita salurkan. Insya Allah ini akan terus bergulir sesuai dengan masa kontrak 150 hari,” kata Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt, Jumat, 27 Agustus 2021.

Diakuinya, untuk bantuan kambing, sejauh ini tidak ada kendala. Karena progres penyaluran sudah mencapai 30 persen. Bahkan menurut penyedia, rencananya seleksi akan dilakukan kembali sekitar tanggal 5 sampai 10 September mendatang. Sedangkan bantuan sapi dengan tinggi 100 cm sebanyak 1.232 ekor, capaiannya belum terpenuhi sesuai schedule di bulan pertama. Sebab, di bulan pertama seharusnya sebanyak 150 ekor yang disalurkan. Sementara hingga 37 hari kontrak, baru tersalurkan sebanyak 68 ekor. Sehingga pihaknya sudah meminta kepada PPK untuk memberikan teguran kepada penyedia. “Kalau shedule menurut penyedia itu selama 5 bulan. Terdiri dari bulan pertama 150 ekor untuk kita seleksi dan kemudian disalurkan. Di bulan kedua 300 ekor, bulan ketiga 300 ekor, bulan keempat 300 ekor, dan bulan kelima sisanya dari 1.232 ekor. Tetapi melihat kontrak sudah 37 hari ini, belum mencapai 150 baru 68 ekor yang tinggi 100 cm ini. Maka saya minta kepada PPK untuk memberi teguran penyedia, karenatidak sesuai dengan shedule. Kemudian mengingatkan agar di bulan kedua, selain yang 300 ekor juga kekurangan dari 150 itu untuk bisa dipenuhi. Sehingga bisa cepat tersalurkan ke masyarakat,” terangnya.

Terkait pengadaan bantuan ternak ini, pihaknya mengharapkan dukungan semua pihak agar prosesnya berjalan dengan lancar. Sehingga bantuan bisa tersalurkan sesuai dengan yang dihajatkan. “Mohon kami dipantau, dikawal, sehingga ini bisa berjalan sesuai dengan telah ditetapkan dalam persyaratan,” pungkasnya. (ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional