Bantuan Rumah Korban Kebakaran Batu Rotok Sudah Dicairkan

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Korban kebakaran di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batu Lanteh kini sudah bisa membangun rumah untuk ditempati. Pasalnya, Pemkab Sumbawa telah mencairkan dana stimulan untuk 72 unit rumah dengan total Rp1.080.000.000.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M membenarkan telah dicairkan bantuan perumahan tersebut. Dananya sudah masuk ke rekening dengan jumlah Rp 15 juta per rumah. “Jadi bantuan untuk perumahan korban kebakaran Batu Rotok yang Rp 15 juta per rumah itu semuanya sudah cair. Sudah masuk ke rekening (penerima red). Jumlah rumah 72 unit dengan total Rp 1.080.000.000,” ujarnya, Jumat, 18 Desember 2020.

Menurut Sekda, dana tersebut dicairkan pada Kamis, 17 Desember lalu. Saat ini Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) juga sedang melakukan pengawasan. Pengawasan dilakukan, untuk memastikan rumah dapat terbangun dari bantuan yang ada. “TFL dari PRKP tetap ada di sana. Itu yang stanby untuk melihat bahan yang sudah dibeli. Karena nanti harus juga di-SPJ. Supaya barangnya ada, SPJ juga ada. Jangan sampai SPJ-nya ada tetapi barang tidak ada atau sebaliknya. Harus dua-duanya ada,” terangnya.

Pihaknya mendorong agar pengerjaan rumah dapat dipercepat. Sehingga masyarakat yang masih berada di tenda segera mempunyai rumah. Adapun untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan pengangkutan bahan di jalan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menyiapkan alat berat. “Kita sudah koordinasi dengan PU supaya khusus di tempat itu disiapkan alat beratnya. Di titik yang agak susah lewat nanti dibantu,” pungkasnya.(ind)