Bantuan Produktif Usaha Mikro Berlanjut di 2021

Hj. Srim. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, memastikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku usaha terdampak Covid-19, berlanjut di tahun 2021. Hal itu sesuai hasil rapat koordinasi virtual bersama kementerian beberapa waktu lalu. Namun demikian, mengingat surat resmi belum dikantongi mereka tidak berani membentuk tim verifikasi serta operator penginputan data.

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop UKM Dompu, Hj. Srim kepada Suara NTB di kantornya, Kamis, 25 Februari 2021 menyampaikan, dengan berlanjutnya program BPUM tersebut, besar kemungkinan proses pendaftaran mulai berlangsung Maret-September 2021. “Tapi kita belum dapat surat resmi tertulis dari pusat, sehingga tidak belum dasar membuat tim verifikasi,” terangnya.

Iklan

Meski belum memperoleh surat resmi dari pemerintah pusat, ia meyakinkan bahwa penerima manfaat merupakan pelaku usaha mikro dengan modal maksimal Rp50 juta. Pun tidak memiliki piutang pinjaman dana KUR dan sejenisnya, serta bukan PNS dan anggota TNI-Polri maupun pegawai BUMN.

Jika sebelumnya alokasi bantuan tidak ditentukan, tahun ini direncanakan sesuai kuota yang ditetapkan bagi masing-masing daerah. “Cuma kita belum dapat kepastian kuotanya berapa untuk tahun ini,” ujarnya.

Tahun 2020, diakui banyak pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 yang sudah menerima BPUM di daerah ini. Pun tak sedikit tidak diakomodir pusat lantaran beberapa persoalan.

Untuk program lanjutan ini, tegas Srim, pelaku usaha prioritas yakni mereka yang sebelumnya tidak kebagian. Namun demikian, mekanismenya tetap melalui proses pedaftaran terlebih dahulu ke Diskop dan UKM. “Dulu besaran bantuan Rp2.400 ribu. Sekarang kita tidak tahu, intinya masih menunggu informasi resmi dari kementerian. Di tengah masyarakat memang sudah heboh informasi ini, bahkan ada yang sudah datang membawa berkas tapi kita tolak. Karena pengusulan rencananya melalui pemerintah desa,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional