Bantuan Korban Banjir Belum Disalurkan, Disosnakertrans Tunggu Data Kelurahan

Mataram (suarantb.com) – Bantuan untuk korban banjir hingga saat ini belum disalurkan. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram sementara ini baru menyalurkan bantuan yang bersifat insidentil jangka pendek, yaitu berupa makanan kepada para korban banjir di Kelurahan Kekalik Jaya dan Tanjung Karang saat terjadi banjir pada Rabu, 14 Desembed 2016 lalu.

Plt Kepala Disosnakertrans Kota Mataram, H. Lalu Indra Bangsawan mengatakan, penyaluran bantuan sosial selanjutnya untuk masyarakat yang menjadi korban banjir masih menunggu data dari masing-masing kelurahan yang terdampak.

Iklan

Lurah setempat diminta untuk menyampaikan data lengkap warga yang tertimpa musibah dan kerugian yang dialami kepada Pemkot Mataram.

“Untuk bantuan selanjutnya, nanti Pak Lurah bisa menyampaikan kepada kita datanya yang lengkap,” ujarnya, Senin, 19 Desember 2016.

Kendati sudah lewat hampir sepekan musibah banjir yang menimpa warga Kota Mataram tersebut, namun Indra mengatakan tidak bisa menyalurkan bantuan tanpa adanya data lengkap dari kelurahan. Sebab, masing-masing SKPD terkait yang menangani permasalahan tersebut pun harus mempertanggungjawabkan penyaluran bantuan kepada masyarakat. Dengan data tersebut, bantuan untuk korban banjir yang disalurkan dapat dijamin tepat sasaran.

“Biar tepat siapa yang menerima, harus ada data. Ndak bisa kita asal bantu, ternyata nanti tidak tepat,” ungkap Indra.

Disosnakertrans Kota Mataram sendiri saat ini telah menyediakan bantuan sosial jangka menengah pasca terjadinya bencana. Indra mengatakan di Kantor Disosnakertrans Kota Mataram telah tersedia bahan makanan pokok seperti beras dan paket lauk-pauk, serta beberapa barang keperluan darurat seperti selimut, matras, dan terpal.

“Itu sudah bisa kita berikan. Tapi itu bantuan jangka menengah, pasca bencana lah itu. Tunggu laporan dulu, biar tepat penerimanya,” jelasnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here