Bantu Lansia Saat Pandemi, Aktivis Bagikan Sembako

Aktivis Surak Agung menyalurkan beras bantuan hasil kerjasama dengan HIPMI kepada warga lansia (Suara NTB/ari)

Tanjung (Suara NTB) – Pandemi Covid dan kebijakan PPKM berdampak terhadap orang sulutan ekonomi kalangan lansia. Pemda Lombok Utara dan pemerintah pusat, telah menggelontorkan Sembako Lansia dan distribusi beras untuk KPM PKH dan BST. Menguatkan langkah pemerintah itu, aktivis Surak Agung (Suara Rakyat Dayan Gunung), ikut andil membagikan sembako kepada masyarakat.

Pembagian sembako berupa beras, 5 kilogram, dibagikan Surak Agung kepada warga lansia/jompo, janda tua, serta lansia disabilitas. Pada pembagian Jumat -Sabtu 30-31 Juli 2021. Surak Agung membagikan beras kepada warga yang sangat membutuhkan.

Iklan

“Penerima tahap pertama kemarin sekitar 20 orang. Sebenarnya akan ada lagi bantuan tetapi kebijakan PPKM menyebabkan pasokan bantuan dari Surabaya dan Bali belum bisa masuk ke Lombok,” ujar Ketua Surak Agung, Wira Maya Arnadi.

Pada proses penyalurannya, Surak Agung tidak asal distribusi. Mereka menghimpun masyarakat melalui proses pendataan lapangan. Warga yang dinilai paling terdesak dan sangat membutuhkan-lah yang dibantu.

Kriteria penerima ini tidak lepas dari kondisi masyarakat. Dimana diyakini tidak semua lansia tersentuh sembako dari anggaran daerah.

Untuk diketahui, penyaluran di sejumlah daerah menyasar warga lansia di berbagai dusun. Antara lain, Betumping, Pemenang, Sokong, Sire, Kerurak, Rempek, Lokoq Piko, hingga Sukadana – kecamatan Bayan.

“Kami berterima kasih atas dukungan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) yang telah men-support program sosial Surak Agung Lombok Utara,” sambungnya.

Pihaknya berharap, akan lebih banyak lagi bantuan ekonomi (sembako) untuk warga kurang mampu di Lombok Utara di saat kebijakan PPKM masih berlaku. Sebab menurut Maya, bantuan logistik pada situasi sulit ini tidak cukup dengan mengandalkan kemampuan APBD.

“Harapan kami, bapak-bapak dewan kita melalui Parpol, terlibat membantu. Beliau-beliau ini punya banyak kesempatan dan kewenangan meringankan beban ekonomi masyarakat,” tandasnya. (ari)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional