Bank Dunia Kucurkan Dana 90 Juta Dollar AS untuk Mandalika

Mataram (suarantb.com) – Pengembangan kawasan wisata KEK Mandalika terus mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Salah satunya dari Bank Dunia (World Bank) yang mengucurkan dana sekitar 90 juta dollar.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M. Mansoer, Sabtu, 28 Januari 2017.

Iklan

“Pengembangan kawasan Mandalika sendiri, The World Bank telah memberikan  kepercayaan sebagai destinasi wisata utama di Indonesia Timur.

Sehingga WB bersedia mengucurkan dana sebesar 200 juta dollar, yang akan dibagi tiga dengan Danau Toba dan Borobudur,” jelasnya.

Kucuran dana dari WB ini ditujukan untuk mendukung peningkatan aksesibilitas menuju kawasan Mandalika. Untuk saat ini, diakui Abdulbar kawasan Mandalika telah dilengkapi dengan fasilitas pengolahan Sea Water Revers Osmosis (SWRO), yang bisa mengolah air laut menjadi air bersih.

“SWRO ini fasilitas yang bisa mengubah air laut jadi air bersih dengan kapasitas tiga juta liter air. Ini yang akan menjadi ikon Mandalika Eco Resort nantinya,” ucapnya.

Selain itu, Abdulbar kembali menekankan pembangunan sirkuit Moto GP. Sirkuit ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2019. Dengan perkiraan kisaran luas sirkuit ini mencapai 500 hektar. Dan akan diperuntukkan menjadi sirkuit Grand Prix Moto GP pertama di Indonesia yang disebut Mandalika Grand Prix.

Pihak ITDC juga menyatakan kebanggaannya untuk dapat mempersembahkan sebuah infrastruktur kelas dunia di Lombok. Diharapkan dapat membawa kegiatan top dunia ke Lombok dan Indonesia. “Pembangunan sirkuit ini di Mandalika akan meningkatkan nilai jual dan nilai tambah pariwisata di NTB. Sehingga wisatawan semakin banyak pilihan dalam berwisata di NTB khususnya di Mandalika,” ujarnya. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional