Banjir Terjang Madapangga Bima, Satu Desa Terisolir

Tampak jembatan penghubung di Desa Campa Kecamatan Madapangga, putus diterjang banjir. Akibatnya ratusan warga kini terisolir, Jumat, 2 April 2021.(Suara NTB/Pemdes Campa)

Bima (Suara NTB) – Bencana alam banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Jumat, 2 April 2021. Ratusan hektar lahan pertanian terendam, bahkan infrastruktur jembatan penghubung terputus. Akibatnya, warga satu desa kini terisolir.

Diantara wilayah terdampak bencana alam tahunan itu yakni Desa Bolo, Woro, Rade dan Campa Kecamatan Madapangga. Cukup parah dialami ratusan keluarga di Desa Campa. Pasalnya, mereka harus terisolir akibat putusnya jembatan penghubung satu-satunya di wilayah itu.

Iklan

Kepala Desa Campa, Muhammad Taufik, SH., dikonfirmasi Suara NTB menyampaikan, hujan dengan intensitas tinggi sejak pagi hari tadi, membuat aliran sungai Rasa Bou meluap.

Akibatnya, ratusan hektar lahan pertanian warga yang baru memasuki usia panen terendam. “Pemukiman tidak terkena imbas banjir ini, tapi sebagian besar area persawahan rusak dan gagal panen,” ungkapnya.

Selain merusak dan meredam sumber mata pencaharian utama warga pelosok itu. Derasnya arus sungai membuat jembatan penghubung satu-satunya antar desa terputus. Akibatnya, ratusan warga kini terisolir. Situasi itu makin diperparah robohnya sejumlah tiang aliran listrik, sehingga menghambat proses pencahayaan di malam hari. “Paling parah imbasnya itu jembatan penghubung putus. Otamatis warga tidak bisa lagi keluar atau terisolir,” jelasnya.

Kendati bencana tahunan kali ini jauh lebih besar dari biasanya, namun beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa atau luka-luka. Dan untuk tanggap darurat, ia berharap adanya langkah sigap dari instansi teknis terkait untuk membantu proses perbaikan jembatan serta aliran listrik yang padam.

Selain di Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, informasi yang diperoleh Suara NTB bencana alam ini juga meredam sejumlah wilayah di Kelurahan Dara, Kota Bima. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional