Banjir Rob Ancam Pemukiman di Desa Poto Tano

Nampak banjir rob yang mulai menggenangi pemukiman masyarakat di Desa Poto Tano.(SuaraNTB/ ist)

Taliwang (Suara NTB) – Gelombang tinggi yang terjadi di desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano mulai mengancam pemukiman warga setempat. Bahkan air setinggi mata kaki orang dewasa sudah mulai menggenangi pemukiman warga sejak hari kamis yang dikhawatirkan akan terus terjadi selama gelombang tinggi.

“Memang banjir rob mulai menggenangi pemukiman masyarakat dan kami khawatirkan bencana tahunan tersebut masih akan terus terjadi ketika gelombang tinggi,” ungkap Camat Poto Tano, Agusman, S. Pt kepada Suara NTB, Jumat, 25 Juni 2021. Dirinya berharap agar persoalan ini bisa segera disikapi secara serius agar tidak menimbulkan masalah yang besar nantinya.

Iklan

Dikatakannya, untuk jangka pendek yang bisa dilakukan saat ini yakni dengan meninggikan tanggal pengaman yang sudah terbangun selama ini. Itu dilakukan supaya air laut tidak masuk ke pemukiman warga karena hampir setiap tahun terjadi masalah yang sama. Untuk itu, pihaknya berharap agar persoalan ini bisa menjadi atensi khusus karena jika dibiarkan berlarut justru akan menimbulkan masalah baru nantinya. ” Karena masalah ini hampir setiap tahun terjadi sehingga kami berharap ada solusi terbaik agar tidak kembali terjadi,” sebutnya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kondisi yang terjadi lapangan supaya bisa langsung ditangani. Karena jika tidak ada informasi, maka penanganan yang akan dilakukan juga tidak bisa maksimal. Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk menjauhi pantai untuk sementara waktu dan menjaga keselamatan dari bencana yang akan terjadi. ” Kami minta agar masyarakat bisa melapor ketika kondisinya semakin parah agar segera disikapi dan tentu kepada Pemerintah dalam hal ini dinas yang membidangi masalah ini bisa bersikap supaya tidak terulang lagi di masa yang akan datang,” tandasnya. (ils)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional