Banjir Punia Disebabkan Saluran Tersumbat

Mataram (suarantb.com) – Banjir yang terjadi di BTN Tanah Aji RT 05, Kelurahan Punia pada Sabtu, 19 November 2016 diduga terjadi akibat sedimentasi saluran drainase yang ada di sekitar lingkungan tersebut. Saluran drainase sepanjang sekitar 250 meter mulai dari persimpangan Tanah Aji sampai area depan Lombok Epicentrum Mall (LEM) mengalami penyumbatan di beberapa titik akibat sedimentasi.

Camat Mataram, Amran M. Amin mengatakan, wilayah BTN Tanah Aji tersebut memang hampir setiap musim mengalami genangan. Sebab elevasi tanah di lingkungan tersebut lebih rendah dibanding lingkungan sekitarnya. Di sekitar kawasan itu juga telah dibangun gorong-gorong sehingga permasalahan genangan dapat ditanggulangi dalam beberapa tahun belakangan.

Iklan

Namun penyumbatan kembali terjadi di beberapa titik, sehingga air yang tak tertampung di saluran menggenangi wilayah sekitarnya.

“Air mengumpul mencari tempat yang lebih rendah, jadi air yang meluap itu, dari sebelah timur arah Epicentrum itu mengalir ke sana, karena ada penyumbatan saluran,” papar Amran, Senin, 21 November 2016.

Pihaknya bersama lurah, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram dan  warga sekitar telah melakukan pengerukan drainase di titik-titik yang mengalami penyumbatan, sehingga untuk berikutnya diharapkan permasalahan genangan air yang membanjiri tempat tersebut tidak terulang kembali.

“Yang ini memang dari sebelah timur permasalahannya, setelah diperiksa kemarin sedimentasinya di sebelah sana,” ungkapnya. Selain sedimentasi, sampah yang memenuhi saluran juga menjadi biang penyumbatan. (rdi)