Banjir Lotim, Akses Jalur Darat ke Pantai Pink Lumpuh

Mataram (suarantb.com) – Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Jerowaru tidak hanya membuat sejumlah rumah warga rusak, akses jalan menuju destinasi wisata Pantai Pink juga lumpuh. Sehingga, satu-satunya jalan menuju destinasi favorit di Lombok Timur (Lotim)  itu hanyalah jalur penyeberangan laut, melalui Tanjung Luar atau Senggigi.

“Jalur darat ke Pantai Pink di Jerowaru itu rusak, nah itu yang sedang kita prepare dulu. Memang ada musibah di sana, akses jalan rusak, tapi wisatawan bisa lewat jalur penyeberangan, seperti Tanjung Luar,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal, Rabu, 22 November 2017.

Iklan

“Makanya sekarang kita prepare destinasinya dulu, mudah-mudahan bisa segera teratasi,” tambhanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur Moh Juhad sebelumnya menjelaskan wisatawan tidak dapat menggunakan jalur darat menuju Pantai Pink. Karena salah satu jembatan penghubung antara Kecamatan Keruak dengan Kecamatan Jerowaru terputus. Sehingga wisatawan direkomendasikan untuk menggunakan akses jalur laut.

“Pariwisata ke Lombok Timur bagian selatan agak terganggu. Jembatan menuju Pantai Pink itu terputus. Jadi kami anjurkan lewat jalur laut saja,” kata melalui sambungan telepon, Senin, 20 November 2017.

Meski demikian, ia berharap wisatawan dapat berwisata dengan nyaman dengan jalur alternatif, yakni jalur laut. Sebab semua akses melalui perjalanan darat tidak dapat dilalui menuju Pantai Pink. Sementara itu, setiap harinya ada ratusan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Selain akses ke Pantai Pink, wisata Pantai Ketapang Raya tidak dapat diakses sama sekali. Karena, selain jalan yang rusak, destinasi dan rumah warga sekitar juga terendam banjir. Sehingga untuk sementara waktu, ia menganjurkan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi lain di Lombok Timur.

“Di Ketapang Raya itu benar-benar tidak bisa dikunjungi. Karena rumah warga juga terendam. Apalagi yang ke Pantai Pink, itu Jembatan Senange itu rusak. Kami anjurkan untuk berkunjung ke destinasi lain yang akses jalannya bagus di Lombok Timur,” ujarnya. (ros)