Banjir Landa NTB, Dua Orang Dilaporkan Meninggal

Mataram (suarantb.com) – Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah NTB pada Rabu, 14 Desember 2016 mengakibatkan empat kabupaten di NTB tergenang banjir. Bahkan menurut Kepala Pelaksana BPBD NTB, Muhammad Rum, bencana banjir tersebut menelan dua korban jiwa.

“Ada dua korban jiwa akibat banjir kemarin. Salah satu korbannya asal Desa Jagaraga, Lombok Barat. Sama satunya dari Desa Perung, Kecamatan Lunyuk, Sumbawa,” terangnya kepada suarantb.com di kantornya, Kamis, 15 Desember 2016.

Iklan

Korban asal Desa Perung diketahui bernama Jelembung (55) yang meninggal karena kedinginan terjebak banjir. Sementara untuk korban dari Desa Jagaraga meninggal karena terseret arus banjir. Namun, identitas korban belum diketahui.

Dari seluruh wilayah di NTB, Kota Mataram menjadi salah satu wilayah terparah terkena banjir. Kelurahan Kekalik Jaya, Karang Sukun, Babakan dan Abian Tubuh menjadi daerah terparah yang diterjang banjir. Bahkan dilaporkan warga Kekalik dan Babakan terpaksa mengungsi karena rumah mereka terendam banjir.

“Kedua wilayah itu, Kekalik Jaya di Jalan Irigasi dan Kelurahan Babakan paling parah terkena banjir. Karena tanggul Sungai Ancar di dua wilayah itu jebol. Tidak kuat menahan derasnya air sungai,” paparnya.

Menurut catatan BPBD, di wilayah Mataram ada 556 jiwa yang mengungsi dan 80 orang dievakuasi, 30 diantaranya adalah anak-anak. Sementara untuk wilayah Lombok Barat hanya beberapa yang mengungsi ke rumah kerabat. Untuk wilayah Sumbawa Barat, dilaporkan 100 KK terkena dampak dari banjir kemarin malam.

BPBD NTB juga telah menyalurkan bantuan bagi para korban banjir. Bantuan berupa 2.750 lembar karung, 15 paket sandang, 21 paket pakaian anak (kids wear), 30 paket lauk pauk, 40 lembar selimut dan 20 matras.

  Dengar Pendapat di DPRD Pemkab Diminta Tuntaskan Masalah Rumah Korban Banjir Kapas Sari

“Untuk persiapan jika ada bencana susulan, kita membutuhkan terpal, makanan siap saji, lauk pauk, mesin gergaji, mesin air, perahu lipat dan pos-pos pelayanan,” imbuhnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here