Banjir Genangi Ratusan Rumah di Kecamatan Maluk

Kondisi banjir di kecamatan Maluk yang merendam ratusan rumah dan pohon tumbang yang menimpa salah satu rumah warga.(SuaraNTB/ist BPBD KSB)

Taliwang (Suara NTB) – Hujan deras yang terjadi sejak pukul 01.00-03.00 Wita, Jumat, 15 Januari 2021 di Kecamatan Maluk, mengakibatkan 130 unit rumah dan kantor camat setempat terandam air dengan ketinggian 10-30 centimeter. Banjir yang menggenangi ratusan rumah tersebut terjadi akibat luapan air sungai di wilayah setempat serta air gunung karena kondisi wilayah yang tandus.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat, melalui Kasi Kedaruratan Syaiful Arif kepada Suara NTB, Jumat, 15 Januari 2021 membenarkan adanya bencana tersebut. Banjir yang menggenangi desa Mantun, Maluk dan Benete itu terjadi karena hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. Kondisi tersebut diperparah dengan tidak maksimalnya fungsi dari gorong-gorong yang sudah lama terbangun untuk mengalirkan air ke laut. Selain rumah warga, kantor Kecamatan Maluk juga ikut terendam yang berakibat pelayanan kepada masyarakat terganggu.

Iklan

“Dampak banjir kali ini kami anggap sangat parah karena tidak hanya rumah yang terendam tetapi kantor camat juga tidak luput sehingga pelayanan terganggu,” sebutnya.

Selain banjir, dua tiang listrik jalur Taliwang- Maluk juga roboh karena tergerus air.  Akibat kondisi tersebut PLN terpaksa memutus jaringan mulai dari Kecamatan Jereweh hingga Maluk. Selain itu, robohnya tiang listrik juga menghalangi para  pengguna jalan yang hendak melintas. Hujan lebat juga mengakibatkan pohon berukuran besar tumbang di lingkungan Pakirum, Kecamatan Taliwang. Meski tidak ada korban jiwa tetapi bencana tersebut mengakibatkan kerugian materil hingga puluhan juta karena rumah yang tertimpa mengalami rusak berat. “Ada banyak kejadian bencana pada hari ini (kemarin, red) dan saat ini tim kami masih melakukan pendataan dilapangan untuk menghitung jumlah kerugian akibat bencana itu,” tukasnya. (ils)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional