Banjir di Maluk dan Sekongkang, Puluhan Rumah Terendam

Taliwang (Suara NTB) – Puluhan rumah di kecamatan Maluk dan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ┬áterendam banjir sekitar 1,5 meter. Banjir yang merendam pemukiman tersebut terjadi karena tingginya intensitas hujan di wilayah setempat serta drainase yang masih belum berfungsi secara maksimal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat, Drs. H. Hamzah kepada Suara NTB, Senin, 3 April 2017 menyebutkan, banjir yang merendam pemukiman warga tersebut terjadi karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

Iklan

Sehingga dengan kondisi tersebut, tidak bisa tertampung secara maksimal oleh saluran ataupun sungai yang ada di wilayah setempat. Bahkan di kecamatan Maluk ada dua desa yang terendam yakni desa Maluk dan desa Bukit Damai. Sementara untuk Kecamatan Sekongkang hanya desa Sekongkang Atas saja yang terkena dampak.

“Tidak ada penduduk yang mengungsi karena hanya sifatnya ┬átergenang,” ujarnya. Bahkan hari ini (kemarin, red) pihaknya akan turun ke lapangan untuk melakukan penyedotan terhadap air yang menggenangi lokasi tersebut.

Ia menyebutkan, total rumah di kecamatan Maluk yang terendam ada sekitar 75 rumah. Di desa Maluk ada sekitar lima rumah yang terendam sementara untuk desa Bukit Damai ada sekitar 70 rumah yang terendam.

Sementara untuk kecamatan Sekongkang hanya ada sekitar empat rumah yang terendam. Karena lokasi rumah tersebut tepat berada jelas di daerah bantaran kali. Namun yang jelas tidak ada korban jiwa yang diakibatkan oleh bencana banjir tersebut.

“Tidak ada korban jiwa yang diakibatkan oleh bancana banjir ini,” ujarnya. Seraya berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada dan terus memantau kondisi air sungai. Karena diperkirakan hujan akan terus mengguyur Sumbawa Barat dalam beberapa hari kedepan. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here